Hati-Hati, Perhatikan Waktu yang Tepat Mengonsumsi Pepaya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 02 November 2020 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 481 2303003 hati-hati-perhatikan-waktu-yang-tepat-mengonsumsi-pepaya-k0lCDkukhm.jpg (Foto: Boldsky)

Pepaya memiliki rasa yang manis dan lezat saat disantap di siang hari. Buah yang satu ini memiliki beragam manfaat, mulai dari menunjang kesehatan hingga perawatan kulit wajah.

Pepaya memiliki khasiat yang banyak, tetapi jika Anda mengonsumsinya di waktu yang tidak tepat justru dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Melansir Times of India, berikut efek samping dari pepaya jika Anda mengonsumsi pada saat yang tidak tepat.

Reaksi alergi

Pepaya yang masih mentah dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jadi, untuk mengurangi risiko alergi, lebih baik konsumsi pepaya yang sudah masak dan layak untuk di konsumsi.

Dapat memengaruhi kesuburan

Ekstrak biji pepaya dapat menurunkan kesuburan pada pria. Ini dapat menurunkan jumlah sperma dan mempengaruhi mobilitas sperma.

Menurunkan gula darah yang berbahaya

Jika Anda sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi, kemungkinan besar, mengonsumsi terlalu banyak pepaya dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah Anda yang bisa berbahaya.

Dapat menyebabkan cacat lahir

Daun pepaya memiliki komponen yang disebut papain, yang bisa menjadi racun bagi bayi Anda jika Anda sedang hamil. Bahkan dapat menyebabkan cacat lahir.

Tidak banyak yang diketahui tentang efek samping pepaya selama menyusui, oleh karena itu, sebaiknya hindari pepaya selama dan setelah kehamilan untuk beberapa waktu.

Dapat menyebabkan keracunan

Konsumsi pepaya yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Ini terjadi karena senyawa benzil isothiocyanate yang ada dalam pepaya.

 Pepaya memiliki rasa yang manis dan lezat saat disantap di siang hari.

Baca juga: 4 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan, Konsumsi saat Musim Hujan Yuk

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini