Survivor Covid-19 Masih Harus Waspadai Masalah Kesehatan Jangka Panjang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 481 2303054 survivor-covid-19-masih-harus-waspadai-masalah-kesehatan-jangka-panjang-tLUkgT2lJh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERDASARKAN penelitian setelah pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19, bisa timbul masalah kesehatan lain baik jangka panjang maupun jangka pendek. Hal ini mesti diwaspadai, terutama bagi pasien dengan penyakit komorbid atau penyakit penyerta.

Diungkapkan lebih lanjut, jenis masalah kesehatan yang timbul tiap individu bisa berbeda. Seperti gangguan pada otak, paru-paru, jantung, ginjal, dan hati.

 Pasien

Disebutkan dalam penelitian juga, bahwa pada pasien yang menderita gejala ringan pada saat terinfeksi Covid-19, akan terus mengalami keluhan pada masa pemulihannya. Misalnya cepat merasa kelelahan atau mengalami gangguan pencernaan.

Sedangkan pasien yang memiliki penyakit komorbid, kemungkinan mengalami keluhan yang menetap pada masa pemulihan dari infeksi Covid-19. Ketika hal ini terjadi, bisa saja kondisi pasien semakin memburuk.

 

Dikatakan Group CEO Mayapada Healthcare Jonathan Tahir, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang tidak nyaman bagi seseorang, terutama pasien yang pernah terkena Covid-19. Menurutnya, tenaga medis harus aktif mengedukasi seseorang untuk terus menjaga pola hidup sehat.

"Dengan bantuan tenaga medis profesional, saya yakin kita bersama-sama dapat meningkatkan kualitas hidup pasien," tuturnya lewat keterangan resmi Post Covid-19 Recovery & Rehabilitation Center.

Ia mengatakan, harus ada solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Skrining pada pasien sembuh Covid-19 perlu dilakukan agar tak memperburuk kondisi kesehatannya.

"Bagi setiap pasien yang pernah terinfeksi dan sudah sembuh dari Covid-19 penting untuk mencegah dan meminimalisir masalah kesehatan, yang sudah timbul atau yang akan timbul jangka panjang," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini