Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Anda

Novia, Jurnalis · Senin 02 November 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 611 2302903 manfaat-cuka-sari-apel-untuk-kecantikan-kulit-dan-rambut-anda-tiY0qZcUOe.jpg Cuka sari apel (Foto: Insider)

 Jika Anda menyukai perawatan kulit dan perawatan rambut rumahan, maka cuka sari apel adalah salah satu bahan penting yang akan Anda sukai dalam rutinitas kecantikan Anda.

Cuka sari apel memiliki sejumlah besar manfaat bagi tubuh, kulit, dan bahkan rambut Anda. Berikut 5 manfaatnya bagi kecantikan Anda seperti dilansir dari Times of India.

 cuka sari apel

1. toner wajah

Menggunakan cairan ini sebagai toner bisa membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Untuk membuat toner di rumah, campurkan satu sendok besar cuka sari apel dengan dua sendok air. Dengan cara ini, Anda bisa mengencerkan ramuan dan menggunakannya di wajah untuk mengurangi jerawat dan bahkan noda.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, pastikan Anda sebelumnya sudah mengujinya. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak air, sehingga tidak mengiritasi kulit Anda.

2. Pembersih rambut

Banyak sampo mengandung bahan kimia, yang dapat menghilangkan kilau dan bahkan menyebabkan penumpukan produk. Untuk mendetoksifikasi kulit kepala Anda, buat pembilas rambut menggunakan cuka sari apel.

Campurkan dua bagian cuka sari apel ke dalam secangkir air dan gunakan setelah keramas. Biarkan selama beberapa menit dan bilas kembali

3. Merawat sunburn

Cuka sari apel juga merupakan zat alami. Jadi, jika Anda mengalami iritasi kulit seperti gatal dan sensasi terbakar, ramuan ini solusinya. Ini juga efektif untuk kulit terbakar matahari alias sunburn. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur bagian yang sama dari air dingin dan cuka, lalu gosokkan ramuan tersebut di area yang dibutuhkan

4. Memperbaiki bau kaki yang tidak sedap

Anda tidak perlu membeli pewangi makanan, karena bisa membuatnya sendiri di rumah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merendam kaki Anda dalam air dan campuran cuka sari apel selama sekitar 10-15 menit. Sifat asam dalam cuka akan membunuh bau kaki yang tidak sedap.

Baca juga: Libur Panjang Usai, Wisatawan Mulai Tinggalkan Bali

5. Pembersih kuas makeup

Kuas riasan Anda bisa mengandung banyak bakteri, yang nantinya bisa menyebabkan munculnya jerawat. Buat larutan pembersih di rumah dengan mencampurkan tiga sendok cuka sari apel ke dalam secangkir air panas.

Sekarang, gunakan campuran ini untuk membersihkan kuas Anda, yang akan menghilangkan semua bakteri di kuas Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini