6 Manfaat Lilin Aroma Terapi bagi Anda

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 02 November 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 612 2302698 6-manfaat-lilin-aroma-terapi-bagi-anda-dsPDtJ7Mgd.jpg Lilin aroma terapi (Foto: Candle Allergies)

Lilin aroma terapi, tidak hanya bisa digunakan untuk hiasan semata atau sebagai sumber penerangan saja. Sebab dibalik bentuknya yang cantik, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Seperti namanya, lilin ini bersifat aromaterapi, yang bisa memberikan efek menenangkan. Selama berabad-abad, lilin telah digunakan dalam upacara sakral untuk menghadirkan suasana damai ke suatu ruang.

Selain itu, lilin mempunyai banyak jenisnya, tidak hanya itu. Seperti dikutip dari The Chill Times, berikut 6 manfaat lilin aroma terapi bagi Anda.

 lilin

 

1. Dapat meningkatkan fokus

Sejatinya lilin dapat meningkatkan fokus Anda dan membantu Anda menjadi lebih produktif saat bekerja. Menurut Apartment Therapy, ada aroma tertentu yang bisa merangsang pikiran. Aroma seperti mint, lemon, jeruk, rosemary, dan kayu manis dapat menyegarkan indra Anda dan memberi Anda dorongan ekstra yang Anda butuhkan untuk selalu memantau pekerjaan.

2. Memberikan energi positif

Mungkin ada alasan mengapa Anda ingin membakar lilin tertentu dan berpelukan di sofa saat Anda merasa agak sedih dan ingin mengingat saat yang menyenangkan. Kenangan dan emosi dapat dengan mudah dipicu oleh aroma tertentu dan memberikan perasaan bahagia jika bertepatan dengan waktu tertentu dalam hidup Anda.

3. Dapat meningkatkan mood

Jika aroma dapat membantu Anda mengingat energi positif dalam hidup Anda, wewangian kemungkinan besar memiliki sifat yang sama untuk meningkatkan suasana hati Anda juga. Menurut ELLE Decor, sebuah penelitian di Jepang dilakukan pada 12 peserta yang mengalami depresi yang kemudian menyatakan bahwa aroma lemon membantu menurunkan dosis antidepresan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mengatur kadar hormone.

4. Memungkinkan Anda mengatur ritual pagi atau malam

Membuat ritual di rumah Anda sendiri menentukan cara Anda ingin bersantai atau memulai hari. Saran profesional, nyalakan satu atau dua lilin saat Anda melakukan rutinitas perawatan kulit malam hari atau saat Anda minum secangkir kopi di pagi hari. Jauhkan ponsel Anda selama saat-saat ini sehingga Anda dapat lebih berhati-hati dan fokus pada sedikit waktu yang Anda miliki hanya dengan diri sendiri.

5. Bikin tidur lebih santai

Untuk mengatasi hal ini, mematikan lampu lebih awal dan nyalakan cahaya lilin untuk membantu Anda lebih tenang di sore hari dan mengatur ulang ke ritme tidur alami Anda. Selain itu, hidup dengan cahaya lilin di malam hari dapat membuat Anda lebih perhatian dengan pikiran dan tindakan Anda serta memberikan tidur malam yang lebih nyenyak.

 Baca juga: Libur Panjang Usai, Wisatawan Mulai Tinggalkan Bali

6. Mengurangi stres

Lilin beraroma tertentu digunakan selama aroma terapi untuk membantu mengatasi kecemasan dan depresi, meningkatkan kualitas hidup dan tidur. Bahkan lilin aroma terapi bisa meredakan efek samping pengobatan kanker seperti mual dan nyeri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini