Menguak Mitos Pit Bull Anjing Galak, Benarkah Demikian?

Highend, Jurnalis · Senin 02 November 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 612 2302945 menguak-mitos-pit-bull-anjing-galak-benarkah-demikian-0LIOQiSjR5.jpg Anjing Pitbull. (Foto: Shutterstock)

HEWAN peliharaan memang bisa menjadi teman di kala pandemi. Ada banyak jenis hewan peliharaan, salah satu yang paling populer adalah memelihara anjing.

Tapi, banyak orang tidak menyarankan memelihara anjing Pit Bull. Akibatnya, banyak anjing Pit Bull ditelantarkan pemiliknya, terutama di negara adidaya Amerika Serikat.

Apa sebabnya mereka dicap sebagai anjing galak? Secara fisik, anjing Pit Bull memiliki badan yang kekar dan kekuatan rahang yang sangat baik. Namun, manusia-manusia yang tak bertanggung jawab menggunakan kesempatan ini untuk mengembangbiakkan mereka menjadi anjing petarung untuk diadu agar menghasilkan uang. Ini juga sebabnya banyak dari mereka yang telantar dan dilepas di jalan.

pitbull

Kebanyakan adalah anjing-anjing Pit Bull yang dianggap lemah dan tidak berbakat dalam bertarung, sehingga pemiliknya tidak menginginkannya lagi. Banyak juga induk-induk Pit Bull yang dibuang karena sudah kelewat sering melahirkan sehingga dianggap tidak produktif lagi.

Faktanya, apabila dibesarkan secara normal dan dilatih dengan benar, Pit Bull adalah jenis anjing yang sangat penyayang dan cenderung manja. Bahkan, banyak Pit Bull yang menjadi sahabat setia dan secara tidak langsung menjadi babysitter para anak kecil karena mereka tumbuh bersama dalam satu keluarga.

 .

Pelatih anjing terkenal Cesar Millan dikenal sebagai penyayang Pit Bull. Bahkan dua anjing Pit Bull-nya, Daddy dan Junior, sangat penurut dan digunakan sebagai anjing pelatih untuk mengajarkan anjing-anjing kliennya yang memiliki masalah perilaku.

pitbull

Sumber Foto: The Blueboys, P. Gracie, Sometimes Carl

Contoh terbaik perjalanan hidup Pit Bull bisa Anda tonton di film animasi pendek Disney/Pixar keluaran tahun 2019 yang berjudul Kitbull. Di film ini, diceritakan bagaimana seorang anjing Pit Bull yang disia-siakan pemiliknya bertemu dengan kucing liar yang akhirnya menjadi sahabatnya.

Apabila bertemu dengan anjing Pit Bull, ada baiknya kita tidak menaruh prasangka buruk karena pada dasarnya mereka masuk ke dalam spesies anjing yang sama dengan anjing jenis lainnya seperti Golden Retriever, Labrador Retriever atau Siberian Husky.

Meskipun begitu, tetap berhati-hati jika Anda ingin menyapa dan mengelus anjing Pit Bull peliharaan orang dengan meminta izin terlebih dulu kepada sang pemilik.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini