Yuri Gagal Bikin Tamago, Chef Renatta Moeloek: Lebih Baik Kamu Diam..

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 298 2303187 yuri-gagal-bikin-tamago-chef-renatta-moeloek-lebih-baik-kamu-diam-JnUsbYeOc3.jpg Chef Renatta Moeloek beri saran ke Yuri (Foto : YouTube/MasterChef Indonesia)

Kompetisi MasterChef Indonesia Season 7 semakin seru. Para peserta mulai kewalahan menyelesaikan tantangan yang diberikan juri, salah satunya Yuri.

Pada tantangan kedua di episode ke-12 Masterchef Indonesia, peserta diwajibkan untuk mengolah kelapa. Yuri membuat tamago dengan saus kelapa.

Sayangnya, tamago buatan Yuri dinilai kurang tepat oleh ketiga juri yaitu Chef Juna, Chef Arnold, dan Chef Renatta. Bahkan, chef Renatta Moeloek menilai tamago kreasi Yuri gagal.

Yuri MCI

"Gimanapun ini gagal. Saya sudah bilang berkali-kali kalau kamu panik enggak tau buat apa, lebih baik kamu diam, pikir 10 menit," tegas Chef Renatta Moeloek.

Baca Juga : Hamdzah MasterChef Kena Semprot Chef Juna : Kamu Menantang Saya?

Menurut chef Renatta, 10 menit cukup untuk berpikir akan memasak hidangan apa. Hal itu lebih berguna dibanding harus panik yang menyebabkan peserta tidak tahu harus memasak apa.

"Kalau kamu perlu 10 menit untuk mikir, lihat ke pantry, bengong lihat ingridients, kamu masih punya 50 menit untuk masak sesuatu yang sudah pasti," jelas Chef Renatta Moeloek.

Beda tamago dan dadar gulung

Tidak hanya kritik dari chef Renatta Moeloek, chef Juna juga menilai tamago kreasi Yuri tidak tepat. Chef Juna menjelaskan perbedaan tamago dan dadar gulung.

Chef Juna mengatakan, tamago yang dibuat Yuri adalah telur gulung biasa. Karena ia menilai, layer pada tamago buatan Yuri masih bisa dipilah dan tidak menyatu.

Chef Juna

“Yuri kamu tau perbedaan dari telur gulung dan tamago? Perbedaanya dari layer telurnya,” kata Chef Juna pada tayangan MasterChef Indonesia season 7, Minggu 1 November 2020.

Baca Juga : Olah Udang Bareng Luna Maya, Chef Juna: Sekali-kalinya Masak Pakai Perasaan

Yuri MCI

Chef Juna melanjutkan, layer telur pada tamago otentik Jepang menyatu dan tidak lagi bisa dipilah layaknya masakan yang telah dibuat Yuri.

Sementara itu, melansir dari situs Ejjiramen,  pada dasarnya tamago adalah telur dalam Bahasa Jepang. Sementara telur dadar gulung khas Jepang disebut tamagoyaki.

Telur dadar gulung khas Jepang ini bercita rasa manis dengan tekstur yang ringan. Biasanya disajikan di atas nasi sushi. Kemudian disajikan dengan saus kedelai dan wasabi sebagai celupan.

Tamago

Hidangan ini bisa jadi mirip dan berbeda dengan telur dadar tradisional Amerika. Ini dibuat dengan mengocok telur di dalam mangkuk dan menuangkan campuran ke dalam wajan antilengket, mirip dengan telur dadar yang mungkin Anda kenal.

Ini juga bisa dibumbui dengan cara yang berbeda, juga mirip dengan omelet Amerika yang bisa menambahkan beberapa bahan ke dalamnya. Beberapa bahan populer untuk dicampur dengan telur ini termasuk dashi (sejenis kaldu Jepang yang terbuat dari rumput laut kering), serpihan bonito, kecap, gula, cuka beras, dan bahkan sake.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini