Ingin Turunkan Berat Badan? Ikuti 5 Langkah Ini Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 481 2303532 ingin-turunkan-berat-badan-ikuti-5-langkah-ini-yuk-MoAKEUl4Do.jpg (Foto: Elyte Fitness)

Tetap bugar dan mengontrol berat badan adalah salah satu agenda utama dalam menjalani gaya hidup sehat. Apakah Anda melakukan perubahan pada diet atau pergi ke gym secara teratur, semuanya tergantung pada pencapaian tujuan yang tepat untuk tubuh Anda.

Dalam hal menurunkan berat badan, penting untuk mengikuti rencana yang tidak hanya efektif tetapi juga efisien. Dilansir Times of India pada Selasa (3/11/2020), berikut adalah beberapa tips untuk menurunkan berat berat Anda.

Konsumsi makanan sehat

Nah, panduan paling dasar untuk menurunkan berat badan dimulai dengan makanan yang Anda makan. Banyak orang memikirkan kesalahpahaman bahwa makan adalah yang membuat mereka bertambah berat, padahal sebenarnya tidak demikian. Masalah sebenarnya terletak pada pilihan makanan tidak sehat yang Anda buat.

Karena itu, alih-alih mengonsumsi makanan olahan, Anda harus beralih ke bahan-bahan yang lebih alami. Selain mengatur insulin dan kadar gula darah Anda, makanan utuh mengenyangkan, mengenyangkan, dan memberi energi, yang pada gilirannya akan mengontrol berat badan Anda.

Tetap terhidrasi

Air adalah salah satu sumber energi utama dalam tubuh kita. Dari meningkatkan pencernaan hingga menghilangkan limbah dan racun dari tubuh, minum banyak air dapat membantu Anda membangun kekebalan.

Selain itu, minum air sebelum makan dapat memuaskan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan, membuat Anda tetap sehat dan menghindari karbohidrat dan lemak yang tidak sehat.

 Tetap bugar dan mengontrol berat badan adalah salah satu agenda utama dalam menjalani gaya hidup sehat.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Ini Tak Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Jangan melewatkan waktu makan

Anda mungkin berpikir bahwa melewatkan makan dan membuat diri sendiri kelaparan akan membantu Anda menurunkan berat badan. Tetapi itu adalah mitos yang harus Anda hilangkan. Melewatkan makan dan kurang makan dapat menghambat metabolisme dan menyebabkan makan berlebihan.

Alih-alih memotong asupan makanan, Anda harus belajar menyeimbangkan keinginan makan dengan porsi kecil. Selain itu, melewatkan jam makan hanya akan membuat Anda lemas dan lesu.

Rencanakan porsi Anda

Dalam hal penurunan berat badan, Anda harus strategis dan bijaksana tentang porsi makanan yang Anda konsumsi. Anda harus memastikan bahwa Anda tidak makan berlebihan ataupun kurang makan.

Sangat penting bagi Anda untuk menyesuaikan asupan karbohidrat dengan kebutuhan energi tubuh Anda dan harus memastikan diet seimbang yang sehat.

Memasak sendiri di rumah

Saat ini, banyak orang lebih suka makan di luar atau memesan makanan dari tempat makan yang berbeda. Namun, jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan secara efisien, Anda harus melakukan masakan rumah.

Makanan rumahan selalu sehat dan bergizi. Anda mengetahui bahan-bahan yang Anda masukkan dan jauh lebih sadar akan jumlah karbohidrat dan lemak, yang pada gilirannya membuat Anda terus memeriksa ukuran porsi Anda. Selain itu, ini juga menghemat banyak uang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini