Beautypedia, Apa Itu Jerawat?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 611 2303376 beautypedia-apa-itu-jerawat-xNwKGOPmzi.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Jerawat merupakan hal lumrah yang sering terjadi pada manusia. Akan tetapi, para penderitanya sering merasa tidak nyaman.

Karena selain mengganggu penampilan, jerawat juga kerapkali menimbulkan rasa sakit. Mengetahui keberadaannya yang tidak disukai banyak orang, memangnya apa sih jerawat itu?

Melansir Mayo Clinic pada Selasa (3/11/2020), jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan komedo putih, komedo atau jerawat. Jerawat umumnya terjadi di kalangan remaja, meski terkadang juga menyerang orang-orang dari segala usia.

Jerawat

Perawatan jerawat yang efektif tersedia, tetapi jerawat bisa menetap. Jerawat dan benjolan sembuh perlahan, dan ketika salah satu mulai hilang, yang lain tampaknya muncul.

Bergantung pada tingkat keparahannya, jerawat dapat menyebabkan tekanan emosional dan melukai kulit. Semakin dini Anda memulai pengobatan, semakin rendah risiko Anda mengalami masalah tersebut.

Baca Juga : Yuri Gagal Bikin Tamago, Chef Renatta Moeloek: Lebih Baik Kamu Diam..

Jerawat biasanya muncul di wajah, dahi, dada, punggung atas, dan bahu karena area kulit ini memiliki kelenjar minyak (sebaceous) paling banyak. Folikel rambut terhubung ke kelenjar minyak.

Dinding folikel bisa membengkak dan menghasilkan whitehead. Atau pori-pori mungkin terbuka ke permukaan dan menjadi gelap, menyebabkan komedo. Komedo mungkin terlihat seperti kotoran yang menempel di pori-pori. Tapi sebenarnya pori-pori itu penuh dengan bakteri dan minyak, yang berubah menjadi coklat saat terkena udara.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini