Mengenal Acne Mechanica, Penyebab Jerawat Sering Timbul kala Memakai Masker

Highend, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 611 2303601 mengenal-acne-mechanica-penyebab-jerawat-sering-timbul-kala-memakai-masker-XSHd8CHiRI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu hal yang wajib dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini adalah memakai masker. Tapi, kebanyakan memakai masker juga bisa menimbulkan masalah lain, jerawat.

Nah, masalah kulit kini umum dialami masyarakat adalah jerawat, hingga bisa disebut sebagai ‘Maskne’. Memang, pemakaian masker sehari-hari merupakan kewajiban untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari serangan COVID-19.

Meski demikian, tak dapat disangkal, pemakaian masker secara terus-menerus dapat mengakibatkan timbulnya jerawat yang tidak diinginkan pada kulit wajah, sehingga membutuhkan perawatan kulit yang lebih intensif.

Menurut Joshua Zeichner, MD, direktur riset klinis dan kosmetik di departemen dermatologi Mount Sinai Hospital, New York City, masker dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena 2 hal.

masker

“Gesekan secara langsung meningkatkan inflamasi, yang menyebabkan merebaknya jerawat. Masker juga menyebabkan jerawat karena menangkap dan menahan kelembaban, sehingga terjadi pertumbuhan mikroorganisme secara berlebihan pada kulit,” jelasnya, seperti yang dilansir dari everydayhealth.com.

Ia pun menjelaskan bahwa gesekan pada kulit dinamakan “acne mechanica”, yang juga merupakan masalah yang umum dihadapi oleh atlet.

Menurut American Academy of Dermatology, tubuh yang sedang aktif panas dan berkeringat, sehingga meningkatkan suhu tubuh dan kelembaban, dikombinasikan dengan gesekan dengan pakaian olahraga atau peralatan olahraga pada kulit, menciptakan lingkungan yang mendukung timbulnya jerawat.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda tetap menggunakan masker yang bersih dan menjaga kelembapan kulit, agar jerawat tidak lagi mengganggu wajah Anda.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini