Alami Sperma Berdarah? Kenali Pertolongan Pertamanya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 23:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 612 2303573 alami-sperma-berdarah-kenali-pertemuan-pertamanya-ov3xE4Ku24.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT kelamin memang cukup membuat panik orang apalagi para pria. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan menghasilkan keturunan.

Salah satu yang mungkin dihadapi para pria adalah sperma berdarah. Tentu respons pertama adalah panik, apalagi jika kejadian tersebut baru pertama kali terjadi.

Dijelaskan Dokter Spesialis Urologi dr Ponco Biworo, SpU, sperma berdarah yang dalam bahasa medisnya dikenal dengan Hematospermia bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adanya infeksi.

sperma

"Hematospermia sering terjadi karena peradangan, infeksi (infeksi yang cukup sering ditemukan adalah TBC), tumor, riwayat tindakan (seperti operasi, biopsi, atau yang lainnya), dan bisa juga karena adanya kelainan pembuluh darah," terangnya pada Okezone melalui pesan singkat, Selasa (3/11/2020).

Dia menambahkan, ada juga beberapa pasien Hematospermia yang mengalami kondisi sperma berdarah tanpa penyebab atau tidak diketahui penyebabnya.

Nah, soal pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan ketika mengetahui sperma berdarah, dr Ponco, menjelaskan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik.

Sebab, sperma berdarah itu bukan keadaan yang mengancam nyawa. "Jadi, usahakan untuk tetap tenang dan jangan gegabah melakukan tindakan yang tidak terbukti kebenarannya," sarannya.

Setelah itu, sangat direkomendasikan untuk segera pergi ke fasilitas kesehatan untuk dicari tahu penyebabnya. Semakin cepat Anda tertangani secara profesional, semakin baik pula hasil diagnosisnya dan kondisi Hematospermia yang Anda alami tidak semakin buruk.

"Apa yang dilakukan dokter? Kami biasanya akan lakukan kultur untuk melihat apakah ada kuman dan sejenisnya. Setelah itu, dokter biasanya akan memberikan obat untuk mempercepat pembekuan darah untuk tindakan awalnya, sebelum diketahui apa penyebabnya," papar dr Ponco.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini