Ayam Broiler Disuntik Hormon, Mitos atau Fakta?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 298 2303978 ayam-broiler-disuntik-hormon-mitos-atau-fakta-2Ez75Nyg7E.jpg Ayam (Foto: Food Business News)

Daging ayam menjadi salah satu makanan favorit masyarakat dunia. Ayam broiler menjadi salah satu jenis daging ayam yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Meski demikian, banyak kabar yang mengatakan bahwa ayam boiler tidak aman dikonsumsi karena telah melalui proses suntik hormon.

 ayam

Menjawab hal tersebut Kepala Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner Institut Pertanian Bogor, Dr. drh. Denny W. Lukman mencoba menjelaskan seputar kabar miring terkait dengan mitos ayam broiler yang beredar di masyarakat.

“Kabar tentang ayam broiler yang disuntik hormon itu adalah hoax. Karena dari segi efisiensi saja suntik hormon sudah gak masuk akal. Kalau misal hormonnya 10 ribu untuk satu ekor ayam, jelas harga jual jadi gak masuk akal,” terang Denny, dalam diskusi virtual Japfa ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan dan Hoaks’, Rabu (4/11/2020).

Denny menjelaskan harga menjadi salah satu alasan yang membuktikan bahwa ayam broiler dipastikan bebas dari isu suntik hormon yang beredar di masyarakat. Terlebih hormon untuk ayam harganya cukup mahal, sementara saat dijual di pasar kenaikan harga sangat sensitif bagi para pembeli.

Baca juga: Pilpres Amerika, Melania Trump Pakai Dress Rp66 Juta saat 'Nyoblos'

“Karena harga naik 2 ribu saja ibu-ibu pasar sudah protes, apalagi kalau harganya naik lebih banyak karena suntik hormon? Dari segi efisiensi juga tidak masuk akal karena peternakan memelihara ribuan ekor ayam, jadi gak mungkin satu per satu disuntikin hormon,” pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini