Ayam Broiler Vs Ayam Kampung, Mana yang Lebih Baik?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 298 2303994 ayam-broiler-vs-ayam-kampung-mana-yang-lebih-baik-w0V5OOtH4P.jpg Daging ayam (Foto: Zootecnica International)

Ayam jadi salah satu bahan makanan yang paling banyak dipilih masyarakat. Daging ayam memiliki asam amino esensial yang sangat tinggi yang dibutuhkan oleh manusia.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang kebingungan untuk memilih jenis ayam konsumsi yang paling aman dimakan.

 ayam

Sekadar informasi, saat ini terdapat dua jenis ayam konsumsi yang paling sering dijual di pasaran yakni ayam negeri atau biasa disebut broiler dan ayam kampung. Ayam broiler adalah jenis yang paling laris karena harganya yang lebih murah dan ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan ayam kampung. Lantas ayam jenis apa yang lebih baik?

Kepala Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner Institut Pertanian Bogor, Dr. drh. Denny W. Lukman menyebut bahwa tidak ada hal yang signifikan dari kedua jenis ayam potong yang dijual di pasaran. Hal yang paling membedakan antara kedua jenis ayam konsumsi ini hanyalah tekstur dan kadar lemak yang ada di dalamnya.

“Daging ayam kampung dan broiler kandungan nutrisinya relatif sama. Cuman kadar lemaknya lebih sedikit ayam kampung ketimbang ayam broiler. Selain itu ayam kampung tekstur dagingnya lebih keras sehingga cocok untuk dimasak lama, jadi dagingnya tidak mudah hancur,” ucap drh. Denny, dalam diskusi virtual Japfa ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan dan Hoaks’, Rabu (4/11/2020).

Di saat bersamaan drh. Denny juga menyebut bahwa seseorang diperbolehkan untuk mengonsumsi sebanyak 200-300 gram daging ayam per hari tergantung dengan berat badan seseorang. Ia pun menjelaskan sedikit tips bagaimana membuat daging ayam bisa aman dikonsumsi dan terbebas dari kuman penyakit yang ada di dalamnya.

 Baca juga: Pilpres Amerika, Melania Trump Pakai Dress Rp66 Juta saat 'Nyoblos'

“Kalau ingin bunuh kuman yang ada pada daging ayam, cukup panaskan di suhu 70 derajat selama lima menit. Cara ini sudah banyak sekali dalam membunuh kuman. Kecuali ada bahan kimia yang tidak terurai, maka lebih baik beli daging ayam dari unit usaha Nomor Kontrol Veteriner (NKV),” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini