Cara Menyimpan Daging Ayam agar Tetap Berkualitas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 298 2304077 cara-menyimpan-daging-ayam-agar-tetap-berkualitas-s7ZQ4L45cR.jpg Ayam (Foto: Treehugger)

Memilih daging ayam yang segar dan berkualitas adalah hal penting yang wajib dilakukan sebelum membeli. Meski demikian penangangan daging ayam yang baik juga tak kalah pentingnya untuk dipelajari. Hal ini bisa meningkatkan keamanan dan kualitas daging ayam yang dibeli.

Sekadar informasi, saat ini terdapat dua jenis ayam konsumsi yang paling sering dijual di pasaran yakni ayam negeri atau biasa disebut broiler dan ayam kampung. Ayam broiler adalah jenis yang paling laris karena harganya yang lebih murah dan ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan ayam kampung.

Head of Marketing RPA - Wilayah Barat PT Ciomas Adisatwa, drh. Sigit Pambudi mengatakan, kedua jenis ayam konsumsi ini memiliki cara penanganan yang sama. Penanganan ini dilakukan supaya kualitas dan kesegaran ayam yang hendak dikonsumsi tetap terjaga. Selain itu penanganan yang baik juga dapat mencegah daging ayam cepat rusak.

Dalam diskusi virtual Japfa ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan dan Hoaks’, Rabu (4/11/2020), drh. Sigit pun membagikan beberapa cara menyimpan daging ayam yang baik dan benar. Yuk disimak.

 cuci tangan

1. Cuci tangan sebelum mengolah daging

2. Bersihkan daging yang dipotong dengan air bersih

3. Tiriskan daging untuk mengurangi kadar air

4. Bungkus dengan plastik untuk menghindari kontak langsung dengan udara

5. Masukkan ke dalam lemari es dengan suhu 0-5 derajat celcius untuk 2-3 hari dan dalam freezer untuk waktu hingga 6 bulan

6. Jangan menyimpan daging dalam suhu ruangan lebih dari empat jam

Baca juga: Pilpres Amerika, Melania Trump Pakai Dress Rp66 Juta saat 'Nyoblos'

7. Pisahkan daging yang mentah dengan yang telah dimasak

8. Pisahkan daging dengan jeroan

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini