Penyakit Kulit Bintik Putih Mudah Menyerang Anak-Anak, Kenapa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 481 2304083 penyakit-kulit-bintik-putih-mudah-menyerang-anak-anak-kenapa-g78KblSwtM.jpg Kulit bintik putih (Foto: Hollywood Dermatology)

Jika Anda menemukan beberapa bintik putih di kulit anak, maka jangan disepelekan. Itu adalah kelainan kulit yang harus mendapat perhatian dan segera diobati.

Ya, dijelaskan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Pramudia dr Anthony Handoko, SpKK, munculnya bintik putih atau merah di kulit anak itu disebut dengan kondisi Moluskum Kontagiousum (MK). Penyakit ini sangat menular dan harus segera ditangani.

 anak

"Kalau Anda menemukan si anak memiliki bintik putih di area seperti siku, lutut, ketiak, lipatan paha, lipatan tangan, leher, dada, dan punggung, maka itu harus segera ditangani. Itu penyakit MK dan sangat menular," terang dr Anthony dalam Webinar, Rabu (4/11/2020).

Bintik-bintik putih yang muncul di tubuh si anak tidak memberi reaksi apa-apa. Karena itu, si anak pun tidak akan mengeluh gatal atau nyeri misalnya. Meski begitu, jangan dianggap sepele, karena ini akan sangat mudah menular dari satu anak ke anak lain.

Anak-anak menjadi medium yang mudah untuk ditularkan MK. Menurut dr Anthony, itu karena anak-anak aktivitasnya sangat aktif dan dengan teman-temannya dia sangat dekat kontak fisiknya.

Kegiatan yang dilakukan si anak itu sangat berisiko terpapar MK. Sederhananya, si anak jabat tangan anak yang memiliki MK atau dia pelukan, guling-gulingan bersama. Ya, kegiatan dengan kontak fisik sangat dekat.

"Beberapa penelitian juga menjelaskan kalau pertukuaran handuk juga bisa menjadi medium penyebaran virus penyebab MK," kata dr Anthony.

Selain karena kontak fisik yang sangat erat, sambung dr Anthony, anak-anak menjadi rentan terhadap penyakit MK ini karena imunitas tubuh mereka yang masih belum sekuat orang dewasa. Sehingga, ketika tubuhnya terinfeksi virus penyebab MK, ya, bisa mudah masuk dan terinfeksi.

Menjadi catatan di sini bahwa penyakit MK ini bukan sesuatu yang berbahaya atau membunuh. Tapi, penyakit ini sangat menular ke orang lain dan sudah sepatutnya ketika Anda mengetahui bahwa ada MK di kulit si kecil, segera datang ke fasilitas kesehatan dan melakukan pengobatan yang tepat.

Baca juga: Pilpres Amerika, Melania Trump Pakai Dress Rp66 Juta saat 'Nyoblos'

"Sebab, kalau dibiarkan bisa terus bertambah banyak bintik putihnya dan dia bisa menyebar ke area tubuh lainnya, enggak cuma di satu lokasi saja," tambah dr Anthony.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini