Cara Membedakan Penyakit MK dengan Sakit Kulit Akibat Alat Cukur

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 481 2304090 cara-membedakan-penyakit-mk-dengan-sakit-kulit-akibat-alat-cukur-05sOg4iXTx.jpg Penyakit bintik putih (Foto: Practical Dermatology)

Apakah Anda termasuk pria yang suka menyukur bulu kemaluan dengan pisau cukur? Jika iya, kondisi kulit sekitar kemauluan menjadi memerah bukan hal baru yang Anda lihat, bukan?

Tapi, apakah Anda tahu bahwa kulit memerah di sekitar area kemaluan bisa muncul bukan hanya karena Anda habis cukur bulu kemaluan, tetapi itu tanda dari penyakit MK atau Moluskum Kontagiosum. Penyakit ini bahkan dikaitkan dengan gejala HIV positif jika jumlah bintiknya banyak.

 alat cukur

Lantas, bagaimana cara membedakan kulit memerah akibat alat cukur dengan penyakit MK?

Diterangkan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Pramudia dr Anthony Handoko, SpKK, untuk membedakan merah-merah di sekitar alat kelamin itu karena alat cukur atau penyakit MK mudah-mudah gampang.

"Pada dasarnya, penyakit MK itu biasanya merahnya tidak hanya di kulit, tapi dia seperti bintik dan di bagian tengahnya seperti ada lubang atau lesungannya," terangnya dalam Webinar, Rabu (4/11/2020).

Tapi, kalau mau dilihat lebih detail lagi, jika Anda perhatian efek dari cukuran bulu kemaluan, merah-merah yang muncul itu biasanya di area pori-pori keluarnya rambut atau di folikel rambut. Makanya merah-merahnya itu seperti di area yang bolong-bolong di pori-pro kulit.

Sedangkan, kalau penyakit MK bisa muncul di mana pun. "Ya, bintik merah tersebut bisa ada di antara folikel rambut. Kalau Anda menemukan bintik merah di luar dari lubang folikel rambut, Anda patut waspada dan bisa melakukan pemeriksaan lanjutan ke dokter," papar dr Anthony.

Penyakit MK sendiri bukan penyakit yang perlu ditakuti, karena dia tidak akan menyerang organ tubuh bagian dalam. Tapi, penyakit MK sangat mudah menular dan itu akan sangat merugikan pasangan Anda jika tidak segera ditangani.

 Baca juga: Pilpres Amerika, Melania Trump Pakai Dress Rp66 Juta saat 'Nyoblos'

Selain itu, bintik-bintik merah yang ada di kulit bisa menyebar ke area lain dan ini tentu akan menggangu penampilan Anda. "Penyakit MK itu berkaitan dengan estetika, masa mau sih kulitnya bintik-bintik? Jadi, ada baiknya segera diatasi dan menjauhi sumber penularan virusnya," tambah dr Anthony.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini