Turunkan Berat Badan Jangan Asal Defisit Kalori, Ini Perhitungannya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 481 2304119 turunkan-berat-badan-jangan-asal-defisit-kalori-ini-perhitungannya-WBIsHlvUSV.jpg (Foto: Shutterstock)

Dari semua tren diet, menciptakan defisit kalori terbukti menjadi yang paling populer di kalangan pengamat berat badan. Pendekatan makan lebih sedikit dan bakar lebih banyak telah terbukti secara ilmiah sebagai cara terbaik untuk mengurangi berat badan dalam jangka panjang.

Akan tetapi, yang tidak diketahui banyak orang adalah mengurangi asupan kalori terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan dan bahkan menyabotase tujuan penurunan berat badan mereka. Jadi, penting untuk menjadi strategis saat mengikuti metode ini untuk menurunkan berat badan.

Melansir Times of India, secara umum untuk menurunkan berat badan 500 gram, seseorang perlu membuat defisit kalori sekitar 3500. Ini dapat dicapai hanya jika seseorang mengurangi sekitar 500 sampai 1.000 kalori setiap hari dari makanannya.

Tetapi yang cenderung dilewatkan orang adalah penting untuk memastikan bahwa asupan kalori minimum mereka tidak terlalu rendah, karena dapat menyebabkan kelemahan dan kekurangan nutrisi.

 Dari semua tren diet, menciptakan defisit kalori terbukti menjadi yang paling populer di kalangan pengamat berat badan.

Kekurangan nutrisi tersebut dapat berupa rambut rontok, kuku rapuh, sistem kekebalan tubuh lemah, tulang lemah dan kesulitan konsentrasi adalah beberapa efek samping lain dari konsumsi kalori yang sangat rendah.

Asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa rata-rata untuk menjaga berat badan yang sehat adalah antara 1.800 dan 2.400 kalori sehari, sedangkan untuk pria dewasa rata-rata antara 2.400 dan 3.200.

Saat mencoba menurunkan berat badan, mengurangi 1.200 kalori sehari untuk wanita bisa berbahaya. Untuk pria, asupan kalorinya harus di atas 1.500. Angka-angka ini ditentukan secara cermat dengan menghitung jumlah energi yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan fungsi sehari-hari.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Ayam agar Tetap Berkualitas

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini