5 Makanan Bisa Menunda Proses Penuaan

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 611 2303917 5-makanan-bisa-menunda-proses-penuaan-frtgsKmGiC.jpg Buah delima (Foto: Crave Bits)

Di masa muda, mungkin Anda belum begitu memerhatikan masalah kesehatan. Kebanyakan remaja atau anak muda biasanya masih makan sembarangan dan tidak menjalani gaya hidup sehat.

Namun, begitu memasuki usia dewasa, 30 tahunan ke atas Anda lebih rentan terserang berbagai gangguan kesehatan karena proses penuaan.

Tapi apakah kalian tahu? Kalau ternyata ada makanan yang bisa menunda proses penuaan lho. Penasraan apa saja? Berikut inilah 5 makanan bisa nenunda proses penuaan dikutip dari Healthline.

Blueberry

1. Blueberry

Blueberry kaya vitamin A dan C, serta antioksidan anti penuaan yang disebut antosianin. Inilah yang memberi blueberry warna biru yang dalam dan indah. Buah-buahan ini juga bisa membantu meremajakan tubuh karena tingginya kandungan antioksidan. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang menyerang Anda lewat polusi, sinar matahari, dan berbagai bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, berbagai vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

2. Bayam

Kandungan vitamin C yang tinggi dan berdaun hijau serba guna ini meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit kencang dan halus. Tapi itu belum semuanya. Vitamin A yang diberikannya dapat meningkatkan rambut yang kuat dan berkilau, sementara vitamin K telah terbukti membantu mengurangi peradangan pada sel.

3. Kacang

Banyak kacang-kacangan (terutama almond) merupakan sumber vitamin E yang bagus, yang dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Kacang kenari bahkan mengandung asam lemak omega-3 anti inflamasi yang dipercaya dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit.

4. Alpukat

Buah yang lezat ini ternyata sangat berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan lemaktak jenuh dan serat dalam alpukat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker. Rutin mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol Anda. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah, jauh dari keriput.

 Baca juga: Pilpres Amerika, Melania Trump Pakai Dress Rp66 Juta saat 'Nyoblos'

5. Biji delima

Delima telah digunakan selama berabad-abad sebagai buah obat penyembuhan. Tinggi vitamin C dan berbagai antioksidan kuat, buah delima dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan dalam sistem kita. Buah-buahan sehat ini juga mengandung senyawa yang disebut punicalagins, yang dapat membantu menjaga kolagen di kulit, memperlambat tanda-tanda penuaan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini