Pandemi Covid-19, Surabaya Fashion Parade 2020 Usung Tema Viable

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 194 2304929 pandemi-covid-19-surabaya-fashion-parade-2020-usung-tema-viable-CBXSsZyotV.jpg Surabaya Fashion Parade 2020 usung tema Viable (Foto : Instagram/@surabayafashionparade)

2020 menjadi tahun ke-13 bagi Surabaya Fashion Parade (SFP). Kali ini, SFP akan menerapkan tema Viable. Adapun tema Viable diambil dari Bahasa Inggris yang berarti mampu bertahan dalam kondisi tertentu.

"Di saat situasi seperti ini (pandemi Covid-19), kami harus tetap berkomitmen untuk menjalankan acara ini walaupun harus diubah menjadi virtual. Karena itu SFP tahun ini cocok banget untuk menerapkan konsep Viable," ujar Dian Apriliana Dewi, Founder Surabaya Fashion Parade melalui webinar pada Kamis (5/11/2020).

Dengan menitikberatkan pada konsep sustainability, arah industri fashion kini bergeser dan mengalami perubahan. Berangkat dari pemanfaatan teknologi yang dinamis ditambah dengan kesadaran industri fashion terhadap green fashion, maka SFP 2020 mengangkat isu ini agar dapat menjadi bagian dalam mengkampanyekan sustainable fashion secara optimal.

Surabaya Fashion Parade

Selain itu, karena adanya pandemi Covid-19, maka penyelenggaraan SFP itu pun harus mundur dari waktu yang telah ditetapkan. Meski demikian, ajang SFP pun tetap diadakan demi komitmen dan juga mendukung pelaku UKM yang bergerak di bidang industri kreatif.

"Awalnya mau diadakan pada 16-19 April 2020 lalu. Tetapi jadi mundur ke tanggal 7-8 November 2020 dengan menghadirkan ide baru," tutur Dian.

Baca Juga : Pose Wika Salim Berbalut Baju Ketat, Buat Lelaki Melongo

Perubahan konsep acara ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi tim SFP karena perubahan konsep acara, partisipan, dan kompetisi yang diadakan.

Dengan memberikan kesempatan untuk desainer tetap berkarya di tengah pandemi, kami percaya SFP tahun ini akan membawa pengalaman baru bagi industri fashion Surabaya dan semua yang terlibat didalamnya.

Event virtual fashion parade pertama di Surabaya ini dapat disaksikan melalui live streaming di Youtube Channel. Beberapa desainer yang bergabung antara lain: Deden Siswanto, Alben Ayub Andal, Aldre, Dibya, dan beberapa desainer lain yang tergabung dalam IFC Surabaya. Kompetisi yang digelar antara lain Surabaya Model Search 2020 dan Surabaya Fashion Designer Award 2020.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini