SFP 2020 Usung Konsep Green Fashion yang Ramah Lingkungan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 194 2304936 sfp-2020-usung-konsep-green-fashion-yang-ramah-lingkungan-9zJlYwIIlE.jpg Surabaya Fashion Parade 2020 dorong karya produk ramah lingkungan (Foto : Instagram/@surabayafashionparade)

Saat ini, konsep green fashion di dunia industri semakin menjadi tren. Berkaitan dengan sustainability, para pelaku industri kreatif pun berlomba-lomba untuk menciptakan karya fashion yang lebih ramah lingkungan.

National Chairman IFC Ali Charisma mengatakan, green fashion adalah bagian dari salah satu konsep sustainability. Meski ada beberapa penyebutan berbeda di berbagai daerah, namun green fashion memiliki satu pesan yakni agar tidak menimbulkan sampah.

"Jadi pesan dari green fashion sendiri adalah agar industri fashion tidak menimbulkan sampah. Nah untungnya saat ini, rata-rata UKM sudah menciptakan produk yang sustainable sehingga tidak kelebihan produksi," ujar Ali.

Surabaya Fashion Parade

Sementara itu, Ketua Pelaksana Surabaya Fashion Parade 2020 (SFP) Alben Ayub Andal mengatakan, para pelaku UKM yang menerapkan konsep green fashion akan menggunakan bahan ramah lingkungan.

"Jadi biasanya kita menggunakan produk yang ramah lingkungan. Biasanya juga kami terjun ke UKM kemudian melihat apa yang mereka kerjakan di dalamnya," kata Alben.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Surabaya Fashion Parade 2020 Usung Tema Viable

Di samping itu, Alben pun menemukan perubahan yang luar biasa berkat penerapan konsep green fashion ini. Seperti mengurangi penggunaan pewarna kimia, maupun menggunakan tenaga pekerja.

"Jadi kalau sebelumnya mereka menggunakan pewarna kimia, kini menggunakan pewarna alami yang aman. Lalu juga jika sebelumnya mereka menggunakan mesin, kini menggunakan tenaga manusia yang tentunya bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru guna meningkatkan kualitas ekonomi di Indonesia," pungkas Alben.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini