Kram Menstruasi, Coba Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Adella Christyanti, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 298 2304526 kram-menstruasi-coba-atasi-dengan-konsumsi-6-makanan-ini-DMWQWwBH44.jpg Cokelat hitam (Foto: Medium)

Hampir semua perempuan sering mengalami nafsu makan yang berlebihan ketika menjelang menstruasi atau haid berlangsung. Hal tersebut memanglah sangat wajar, karena tubuh wanita yang sedang haid atau menstruasi akan mengalami perubahan hormon progesterone yang meningkat sehingga dapat mendorong nafsu makan lebih tinggi dari biasanya.

Hormon akan naik turun selama siklus haid, sehingga membuat kebutuhan gizi jadi berubah-ubah. Oleh karena itu sangat penting untuk memerhatikan asupan makanan saat haid.

Penasaran apa saja makanan yang bisa kamu makan saat mengalami kram menstruasi seperti dilansir dari Insider.

 minum air putih

1. Minum air putih

Minum banyak air putih. Sebab hidrasi adalah kunci untuk melawan kram. Sudah jadi rahasia umum kalau minum banyak air putih itu bagus untuk Kesehatan.

Dengan memastikan tetap terhidrasi dapat mengurangi sakit kepala, dehidrasi, dan gejala umum menstruasi lainnya.

2. Makan sayur-sayuran

Kehilangan darah setiap bulan juga berarti Anda kehilangan zat besi, yang dapat menyebabkan lesu. Namun sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam juga merupakan pembangkit tenaga dan sumber zat besi yang bagus.

3. Telur

Vitamin dalam telur adalah pereda nyeri yang bagus. Telur mengandung vitamin B6, D, dan E. Semua bekerja sama untuk melawan gejala PMS. Mereka juga dikemas dengan protein, yang merupakan bonus nutrisi tambahan.

4. Jahe

Jahe dalam bentuk apapun bisa membantu meredakan mual. Jahe adalah pereda perut saat Anda merasa mual. Tetapi juga baik untuk gas dan kembung. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi jahe, karena mengonsumsi lebih dari 4 gram dalam satu hari dapat menyebabkan mulas dan sakit perut.

5. Teh Chamomile

Teh Chamomile ini membantu mengurangi kejang otot. Teh Chamomile ini juga bebas dari kafein, dan membantu mengurangi kejang otot. Itu juga dapat menenangkan Anda, menurut pakar nutrisi dan ahli diet terdaftar Joy Bauer.

Baca juga: Viral Harga Nasi Goreng di Kereta Api Mahal, Ini Klarifikasi KAI

6. Coklat

Coklat, cemilan yang paling banyak disukai oleh semua orang. Cokelat mengandung magnesium dan serat, pakar nutrisi. Kayleen St. John mengatakan kepada Redbook. Pilih cokelat yang mengandung 85% atau lebih kandungan kakao untuk hasil terbaik. Selain itu juga, sebuah studi 2010 menemukan bahwa magnesium dallam dark coklat dapat mengurangi keparahan gejala PMS.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini