7 Makanan untuk Mengatasi Asam Lambung, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 298 2304575 7-makanan-untuk-mengatasi-asam-lambung-apa-saja-PIP41nQVPV.jpg Brokoli (Foto: Good House Keeping)

Banyak orang mengalami gangguan asam lambung. Salah satu penyebabnya adalah sering telat makan.

Asam lambung terjadi karena ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Ini merupakan hal umum tetapi dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti mulas.

Melansir Healthline, berikut ini 7 makanan yang bisa Anda konsumsi guna mengatasi asam lambung yang menyerang. Apa saja?

 kacang hijau

1. Sayuran

Sayuran secara alami rendah lemak dan gula, dan membantu mengurangi asam lambung. Pilihan yang bagus termasuk kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, dan merupakan pengobatan alami untuk sakit maag dan masalah pencernaan lainnya. Anda bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke resep atau smoothie atau minum teh jahe untuk meredakan gejala.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan favorit, biji-bijian utuh, dan sumber serat yang sangat baik. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah. Pilihan serat lainnya termasuk roti gandum dan nasi gandum.

4. Buah noncitrus

Buah noncitrus, termasuk melon, pisang, apel, dan pir, cenderung tidak memicu gejala asam lambung dibandingkan buah asam.

5. Daging dan seafood tanpa lemak

Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut, rendah lemak dan mengurangi gejala refluks asam. Cobalah panggang atau rebus.

6. Putih telur

Putih telur adalah pilihan yang bagus. Hindari kuning telur yang tinggi lemak dan dapat memicu gejala refluks.

 Baca juga: Viral Harga Nasi Goreng di Kereta Api Mahal, Ini Klarifikasi KAI

7. Lemak sehat

Sumber lemak sehat antara lain alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans Anda dan gantikan dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini