Jangan Sembarangan Mencairkan Daging Beku, Ini Cara yang Tepat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 298 2304592 jangan-sembarangan-mencairkan-daging-beku-ini-cara-yang-tepat-7vIyAHyuhd.jpg Daging beku (Foto: Cookist)

Saat berbelanja daging ke supermarket, Anda pasti dapat dengan mudah menemukan beraneka jenis daging dalam kondisi dibekukan. Jika Anda memilih daging beku sebagai bahan makanan, tentunya ada beberapa perlakuan khusus sebelum mengolahnya.

Sekadar informasi, metode pendinginan atau pembekuan daging sengaja dilakukan agar tidak menurunkan kualitas produk. Salah satunya alasannya adalah untuk membuat daging tetap segar dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme pembusuk serta aktivitas enzim.

 daging

Kepala Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner Institut Pertanian Bogor, Dr. drh. Denny W. Lukman menjelaskan, daging beku yang dibeli perlu melalui proses pencairan terlebih dahulu sebelum bisa dimasak. Cara mencairkannya pun tidak bisa sembarangan, namun harus dengan penanganan yang baik dan benar.

“Simpan daging yang dikemas dalam kulkas minimum 12 jam atau sampai mencair. Pastikan pula merendam daging tetap dalam kemasan yang masih dikemas ke dalam air,” terang drh. Denny, dalam diskusi virtual Japfa ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan dan Hoaks’.

Lebih lanjut drh. Denny mengatakan apabila kondisi daging sudah dipotong-potong, biasanya bisa langsung direbus dengan air mendidih. Selain itu bisa pula langsung digiling dengan menggunakan blender.

 Baca juga: Viral Harga Nasi Goreng di Kereta Api Mahal, Ini Klarifikasi KAI

“Kalau nugget ayam atau potongan ayam yang sudah dibumbui (ungkep) yang beku dapat langsung digoreng dalam minyak panas. Pastikan menggunakan metode deep frying,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini