Daging Segar Mengeluarkan Cairan, Apakah Darah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 298 2304660 daging-segar-mengeluarkan-cairan-apakah-darah-f4925kxxlu.jpg Daging segar (Foto: Freepik)

Daging menjadi bahan makanan yang banyak disukai masyarakat. Daging bisa diolah menjadi beraneka macam masakan yang lezat dan nikmat. Tapi seringkah Anda melihat adanya cairan berwarna merah yang muncul pada daging yang dibeli?

Kepala Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner Institut Pertanian Bogor, Dr. drh. Denny W. Lukman mengatakan, masyarakat yang membeli daging tidak perlu takut dan khawatir terhadap cairan yang muncul pada daging. Sebab cairan tersebut bukan darah dan aman dikonsumsi.

 daging

“Banyak orang mengira cairan itu dari darah. Tapi sebetulnya itu bukan. Itu adalah jus daging. Cairan dari daging (drips) mengandung protein serta vitamin dan masih banyak lainnya,” terang drh. Denny, dalam diskusi virtual Japfa ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan dan Hoaks’.

Pada kesempatan ini drh. Denny juga membagikan tips agar daging tetap bersih dan segar walaupun disimpan. Salah satunya dengan menggunakan absorbent pad, soaked pad atau meat pad yang berfungsi untuk menyerap cairan agar daging tetap bersih dan segar.

 Baca juga: Viral Harga Nasi Goreng di Kereta Api Mahal, Ini Klarifikasi KAI

“Dengan cara ini kadar cairan yang ada dalam daging bisa dikurangi. Selain itu daging dianjurkan tidak boleh terus-terusan dibekukan-dicairkan-dibekukan dan dicairkan kembali. Maksimum hanya dua kali dibekukan. Sementara daging giling hanya boleh sekali dibekukan,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini