Menyimpan Daging Ayam, Ini Suhu Ideal agar Tetap Segar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 298 2304671 menyimpan-daging-ayam-ini-suhu-ideal-agar-tetap-segar-aPpjABxzFz.jpg Daging ayam (Foto: Zabbfresh)

Daging ayam menjadi salah satu makanan olahan pilihan masyarakat dunia. Selain harganya murah, daging ayam juga mudah ditemukan dan memiliki asam amino esensial yang sangat diperlukan tubuh.

Namun untuk menjaga kualitas daging ayam tetap baik dan terjaga, maka pengaturan suhu sangatlah diperlukan.

 ayam

Kepala Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner Institut Pertanian Bogor, Dr. drh. Denny W. Lukman menjelaskan, suhu sangat berpengaruh dan penting untuk menjaga daging. Salah satunya untuk membuat daging tetap segar dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme pembusuk serta aktivitas enzim.

“Pengaturan suhu sangat penting. Idealnya menyimpan daging di bawah suhu 4 derajat Celcius, atau dimasak di atas suhu 60 derajat Celcius. Karena suhu antara 4-60 derajat Celcius merupakan danger zone temperature dimana kuman dan bakteri banyak tumbuh,” ujar drh. Denny, dalam diskusi virtual Japfa ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan dan Hoaks’, Rabu (4/11/2020).

Ia menjelaskan, pertumbuhan atau perkembangan kuman dihambat atau diperlambat jika suhu didinginkan di bawah 4 derajat Celcius (suhu kulkas). Oleh sebab itu makanan yang mudah busuk atau rusak sebaiknya disimpan dingin di bawah 4 derajat Celcius.

Baca juga: Viral Harga Nasi Goreng di Kereta Api Mahal, Ini Klarifikasi KAI

“Kuman penyebab penyakit (patogen) tidak menyebabkan perubahan-perubahan yang terlihat pada daging atau makanan. Oleh sebab itu menjaga makanan yang cepat rusak pada suhu yang tepat adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan supaya kualitasnya terjaga,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini