Warna Hitam pada Tulang Ayam, Berbahayakah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 298 2304791 warna-hitam-pada-tulang-ayam-berbahayakah-6mexnUObPx.jpg (Foto: Ilustrasi/Eatsoulstreet)

SAAT memakan ayam goreng, bakar atau panggang Anda pasti sudah tidak heran apabila menemukan bagian berwarna hitam pada tulang ayam. Tak sedikit dari masyarakat yang bertanya, apakah warna hitam pada tulang ayam berbahaya?

Kepala Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner Institut Pertanian Bogor, Dr. drh. Denny W. Lukman menjelaskan bahwa warna hitam yang ditemukan pada tulang ayam sama sekali tidak berbahaya. Kondisi tulang ayam yang menghitam biasa disebut dengan black bone syndrome.

“Warna hitam pada tulang ayam adalah rembesan zat warna darah dari dalam tulang. Biasanya ini terjadi pada ayam usia di bawah 6,5 minggu akibat pembekuan yang lambat,” terang drh. Denny, dalam diskusi virtual Japfa ‘Daging Ayam Sebagai Sumber Protein Hewani: Fakta dan Hoaks’.

 Saat memakan ayam goreng, bakar atau panggang Anda pasti sudah tidak heran apabila menemukan bagian berwarna hitam pada tulang ayam.

Untuk menghindari rasa khawatir dan tidak nyaman pada saat mengonsumsi ayam, pada kesempatan yang sama drh. Denny membagikan tips untuk mencegah terjadinya black bone syndrome pada ayam. Cara pencegahan bisa dilakukan selama proses pengolahan.

“Ayam dibumbui atau diungkep sebelum dibekukan. Jika mau digoreng, langsung dimasukkan dalam minyak goreng panas,” tuntasnya.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Flek Hitam di Lidah

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini