Jerry Bingung Perbedaan Kroket dan Lumpia, Chef Arnold: Kamu Tak Jewer Lho!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 298 2304868 jerry-bingung-perbedaan-kroket-dan-lumpia-chef-arnold-kamu-tak-jewer-lho-lvbLIDeHW2.jpg Jerry dan Chef Arnold (Foto : YouTube/MasterChef Indonesia)

Selalu ada momen menarik di galeri MasterChef Indonesia Seasons 7. Pada Episode 11, Sabtu (31/10/2020), ada momen Jerry diuji pengetahuannya oleh Chef Juna dan Chef Arnold soal perbedaan kroket dengan lumpia.

Hal itu mencuat usai Jerry dipanggil kedepan membawa gorengan buatannya. Di awal menjelaskan nama makanan, Jerry menjelaskan kalau masakannya itu bernama 'Kroket Udang'.

Lalu, momen penilaian dimulai. Sebelum memakannya, Chef Arnold yang ada di belakang Chef Juna yang siap memakan gorengan tersebut bertanya ke Jerry, "Bedanya lumpia sama kroket?" tanya Chef Arnold.

Baca Juga : Tantangan Cincang Halus Bawang Putih, Faiz Sukses Dapat Yes dari Chef Juna

Mendengar pertanyaan tersebut, Jerry pun bingung dan mengungkapkan komentar di luar dari galeri MasterChef Indonesia.

Jerry MasterChef Indonesia

"Kroket sama lumpia, bukannya sama ya chef?" komen Jerry.

Untuk meyakinkan juri, Chef Juna menanyakan kembali, apa nama gorengan yang dibuat Jerry itu. "Kamu tadi bilang lumpia, sekarang kroket. Yang bener yang mana?" tanya Chef Juna.

Pemuda berkacamata tersebut pun menjawab, "Beda chef ini kroket." Lalu, Chef Arnold menguji Jerry untuk menjelaskan apa perbedaan lumpia dan kroket. "Yang membuat ini kroket apa?"

 Jerry diam memikirkan jawaban. Bibirnya terlihat seperti komat-kamit memikirkan dua kata yang membingungkan tersebut.

"Lumpia, chef," jawab Jerry yang kemudian disambut gelak tawa peserta maupun para juri. Spontan, Chef Arnold nyeletuk kalimat ini, "Kamu tak jewer, lho." Chef Renatta yang mendengar perdebatan itu pun ikut tertawa melihat keluguan Jerry.

"Kamu mau kroket atau lumpia?" tanya Chef Arnold sekali lagi. Jerry pun menjawab langsung, "Lumpia udang, chef."

Jerry yang dibikin pusing sama juri pun memberi pernyataan ke arah kamera, "Pas saya maju ke depan, saya sempat nge-blank. Yang awalnya saya bilang lumpia saya bilang lagi itu kroket. Dan saya balik lagi bilang kalau itu lumpia."

Lantas, apakah lumpia dan kroket itu benar berbeda? Jika iya, apa perbedaannya?

Lumpia memiliki bentuk yang cenderung lebih panjang (lonjong) dan lebih berisi. Kalau untuk kulitnya, lumpia itu lebih tipis karena tidak mencampuradukkan bahan dasar susu dan campuran tepung beras ketika adonan dibuat.

Chef Arnold

Soal isian, lumpia itu biasanya berisi rebung, daging ayam, serta udang. Beberapa orang ada yang menambahkan bihun ke dalamnya.

Nah, kroket itu biasanya terbuat dari kentang yang dihaluskan dan diisi adonan. Kroket biasanya lebih 'gemuk' dan kokoh dibandingkan lumpia. Itu bisa terjadi karena adonan kroket bukan berupa lembaran tetapi kentang.

Ya, kulit kroket itu terbuat dari kentang kukus yang dihaluskan kemudian ditambahkan dengan garam, merica, margarin, dan susu bubuk. Untuk isian, kroket paling umum biasanya berisi daging giling yang dimasak bumbu sop.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini