Berbahayakah Janin Jika Ibu Hamil Meminum Kopi?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 481 2304981 berbahayakah-janin-jika-ibu-hamil-meminum-kopi-WYVSSjdsth.jpg (Foto: Thedailymeal)

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar larangan ibu hamil meminum kopi. Benarkah ibu hamil dilarang mengonsumsi minuman kopi secara mutlak atau diperbolehkan namun dengan batasan tertentu?

Untuk kebaikan perkembangan janin di dalam kandungan, ibu hamil harus membatasi konsumsi makanan dan minuman tertentu. Kalau tidak, risiko buruk akan muncul selama masa kehamilan Anda.

Dikutip Okezone dari buku Fakta 101 Mitos Kesehatan, pernyataan resmi dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan, minum kopi atau minuman berkafein lainnya tidak meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

Asalkan, jumlah kopi atau teh yang dikonsumsi setiap harinya dibatasi menjadi satu sampai dua cangkir atau setara dengan 200 mg kafein. Hal itu disebabkan, karena kopi bisa menghambat penyerapan zat besi dan zinc, yang bisa menyebabkan anemia pada ibu dan bayinya.

 Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar larangan ibu hamil meminum kopi.

Karena ibu hamil wajib melengkapi pola makannya dengan sayuran kaya zat besi dan zinc. Meski dibolehkan dengan catatan tidak melebihi 200 miligram kafein, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi lagi dengan dokter kandungan Anda. Karena dokter Anda jauh lebih memahami kondisi kehamilan Anda.

Lebih baik menahan diri untuk minum kopi selama kehamilan, dibanding Anda harus melihat si kecil mengalami sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca juga: Lezatnya Sosis Solo, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini