Waspada! 3 Kandungan dalam Kosmetik Ini Dapat Membahayakan Kulit

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 611 2304599 waspada-3-kandungan-dalam-kosmetik-ini-dapat-membahayakan-kulit-h3zjcprbHU.jpg Memakai skincare (Foto: Medical Group)

Setiap produk kosmetik atau makeup memiliki kandungan berbeda-beda, khususnya untuk jenis kulit. Namun Anda harus berhati-hati, yaitu dengan beberapa zat yang nantinya dapat merusak kulit.

Dilansir dari Times of India, berikut ini zat berbahaya yang terkandung di dalam kosmetik dan skincare yang nantinya akan merusak kulit Anda. Tiga di antaranya sebagai berikut:

 skincare

1. PEG

Jika menemukan tulisan PEG atau singkatan dari Polietilena glikol, Anda harus menghindarinya karena zat ini cukup berbahaya. Kandungan ini pernah digunakan sebagai gas saraf dalam Perang Dunia II, dan sekarang banyak digunakan dalam produk kecantikan.

PEG adalah cairan kental yang terdiri dari bahan kimia seperti etilen dioksida dan 1,4 dioksan. Benar saja, PEG dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf.

 

2. Sulfat

Sulfat adalah zat aditif yang paling umum digunakan secara luas sebagai bahan pembuat busa dalam sampo, pencuci muka, dan gel mandi. Maka jika Anda tidak mencucinya dengan bersih, akan menimbulkan iritasi pada kulit Anda.

Dua dari bentuk sulfat yang paling umum untuk diperhatikan adalah SLS dan SLES yang dapat mengiritasi mata, kulit, dan bahkan paru-paru dengan gangguan lainnya secara jangka panjang. Selain itu di dalamnya mengandung karsinogen 1.4-dioxane, yang dapat memiliki efek kesehatan yang merusak.

 Baca juga: Viral Harga Nasi Goreng di Kereta Api Mahal, Ini Klarifikasi KAI

3. Petrokimia

Seperti namanya, petrokimia dibuat secara kimiawi dari minyak bumi. Kandungan ini tidak memiliki manfaat untuk kulit, dan berdampak dapat menyumbat pori-pori.

Petrokimia biasanya mengandung ftalat, fenoksi-etanol, dan aluminium yang membuat kulit tampak halus tetapi sering menimbulkan jerawat karena menghalangi pori-pori.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini