Bikin Es Pisang Ijo Segar Yuk, Dijamin Ketagihan

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 298 2305202 bikin-es-pisang-ijo-segar-yuk-dijamin-ketagihan-Pdwktepoci.jpg Es pisang ijo (Foto: Inst)

Buat kamu yang suka pisang tapi bosan dengan cara yang olahannya itu-itu saja. Cobain resep satu ini.

Es pisang ijo, salah satu sajian khas dari Makassar. Pisang yang di balut dengan adonan tepung berwarna hiaju ini sangat lembut saat di nikmati. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air dan pewarna hijau alami dari campuran pandan dan daun saji.

Tak hanya itu, es ini juga disajikan menggunakan tambahan sirup berwarna merah dan bubur sumsum yang lembut rasanya yang manis dan segar sangat cocok dihidangkan saat siang hari, dijamin kamu bisa ketagihan lho.

Namun kali ini kamu bisa membuatnya dirumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya, berikut dikutip dari Instagram @minumansegarresep.

 pisang ijo

Bahan pisangnya :

-Pisang raja mateng 5 buah

-Santan kekentalan sedang 500 ml

-Tepung beras 150 gr

-Garam 1/2 sdt

-Sari daun pandan 2 sdm

-Daun pandan 1 lembar simpulkan

-Daun pisang secukupnya

Bahan kuah santannya :

-Santan encer 750 ml

-Garam 1/2 sdt

-Daun pandan 1 lembar simpulkan

 Baca juga: Pose Menggoda Pevita Pearce Pakai Tanktop Nude, Netizen: Kajol Indonesia!

Pelengkap:

-Sirup rasa coco pandan 15 sdm

-Kental manis putih 15 sdm

-Es batu secukupnya

Cara membuat:

1. Untuk pisangnya, campurkan santan, tepung beras, garam dan sari daun pandan, aduk hingga rata dan tidak ada tepung yang bergerindil.

2. Kemudian, masak di api sedang sambil diaduk-aduk hingga meletup dan mengental. Angkat, letakkan sedikit adonan di daun pisang, beri pisang.

3. Lalu beri lagi adonan hingga menutupi pisang, bungkus, lakukan hingga adonan habis. Lalu kukus selama kurang lebih 20 menit.

4. Kemudian, angkat dan sisihkan daunnya kemudian dipotong-potong. 1 buah pisang potong-potong menjadi 8 bagian, sisihkan.

5. Untuk kuah santannya, campurkan semua bahan menjadi satu, masak di api sedang sambil diaduk-aduk terus agar santannya tidak pecah hingga matang, angkat, sisihkan.

6. Lalu tata di wadah, pisang, dan beri kuah santan, sirup, susu kental manis, dan es batu, sajikan. Yummy!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini