Benarkah Memotong Konsumsi Kalori per Hari Bisa Turunkan Berat Badan?

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 481 2305097 benarkah-memotong-konsumsi-kalori-per-hari-bisa-turunkan-berat-badan-cxPm4F3B7X.jpg (Foto: Shutterstock)

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, mungkin Anda pernah mendengar istilah defisit kalori. Dari segala macam jenis diet, cara ini adalah cara yang paling populer.

Memotong defisit kalori per hari telah terbukti secara ilmiah termasuk jenis diet yang terbaik dan sangat aman untuk jangka panjang.

Bagaimana cara yang tepat untuk melakukan diet ini?

Secara umum, untuk menurunkan berat badan 500 gram, seseorang perlu membuat defisit kalori sekitar 3500. Hal ini dapat dicapai jika seseorang mengurangi sekitar 500 sampai 1.000 kalori setiap hari dari makanannya.

Kebanyakan orang hanya berfokus pada kalori makan, dan tidak menghitung juga kalori pada minuman mereka. Memastikan bahwa asupan kalori minimum mereka tidak terlalu rendah, termasuk hal yang sangat penting.

Jika seseorang memotong kalori makanan dan minuman hingga sangat rendah, maka dapat menyebabkan kelemahan, kekurangan gizi, rambut rontok, kuku rapuh, sistem kekebalan tubuh menurun, tulang lemah dan kesulitan konsentrasi.

Perhatikan kebutuhan asupan kalori

Asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa rata-rata untuk menjaga berat badan yang sehat adalah antara 1.800 s/d 2.400 kalori sehari, sedangkan untuk pria dewasa rata-rata antara 2.400 s/d 3.200.

Namun, pada wanita mengurangi 1.200 kalori sehari bisa berbahaya. Untuk pria, asupan kalorinya harus di atas 1.500. Angka-angka ini ditentukan secara cermat dengan menghitung jumlah energi yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan fungsi sehari-hari.

 Untuk Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, mungkin Anda pernah mendengar istilah defisit kalori.

Baca juga: Peneliti Kembangkan Cat Putih Khusus yang Bisa Dinginkan Ruangan

Cara yang tepat untuk mengurangi kalori

Jika Anda mengurangi asupan kalori untuk mengurangi berat badan, Anda harus melakukannya dengan cara yang tepat. Berikut beberapa hal yang perlu diingat saat mengurangi kalori.

Kualitas makanan: Saat menjalani diet rendah kalori, pastikan tubuh Anda mendapatkan semua jenis nutrisi yang tepat, dan dalam jumlah yang cukup untuk menjalankan fungsi internal dengan cara yang tepat. Tambahkan lebih banyak makanan sehat dan kaya nutrisi ke dalam makanan Anda.

Konsumsi makanan yang lebih rendah kalori: Untuk tetep menjaga jumlah kalori yang Anda konsumsi, maka sebaiknya kurangilah makanan yang mengandung kalori tinggi.

Lebih baik mengonsumsi masakan rumahan: Hindari makanan junk food. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang anda buat sendiri di rumah, karena selain lebih sehat, kita juga bisa memilih bahan-bahan yang lebih segar dan kaya nutrisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini