Buah Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Makan Nasi, Ini Alasannya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 481 2305165 buah-sebaiknya-dikonsumsi-sebelum-makan-nasi-ini-alasannya-YrYjx9fEZC.jpg (Foto: Shutterstock)

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar pentingnya mengonsumsi buah sebelum makan. Benarkah buah lebih baik dimakan terlebih dahulu sebelum seseorang mengonsumsi makanan yang 'berat', misalnya memakan nasi.

Banyak ahli di bidang kesehatan yang mengklaim memakan buah-buahan segar serta sayuran itu, penting agar bisa memiliki pola makan yang sehat. Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah sumber vitamin esensial, mineral, serat dan antioksidan yang menunjang agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

Soal mengonsumsinya, berbeda dengan sayur-sayuran yang diyakni bisa dikonsumsi dengan dimasukkan ke dalam piring makan kita kapanpun. Tidak dengan buah-buahan, yang mana dikatakan harus dimakan di waktu-waktu tertentu, mengingat jumlah gula berlebih yang dikandung dalam buah.

Walau berstatus sebagai superfoods yang merupakan sumber nutrisi paling alami, tapi untuk soal konsumsinya, penting diketahui bahwa buah-buahan tidak bisa dimakan sepanjang hari.

Lebih tepatnya, sebagaimana diwartakan Ndtv, kita harus menghindari makan buah langsung segera selesai makan, salah satunya karena gula ditambah karbohidrat dan juga bakteri dapat menyebabkan fermentasi makanan, yang mana ini dapat menghambat sistem pencernaan.

 Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar pentingnya mengonsumsi buah sebelum makan.

Lebih lanjut, Shilpa Arora ND sebagai Macrobiotic Coach and Nutritionist menyebutkan bahwa sebetulnya buah-buahan itu sudah merupakan makanan sendiri, maka dari itu sebaiknya tidak dikombinasikan dengan makanan utama.

"Buah adalah makanan tersendiri. Mereka tidak boleh dikombinasikan dengan makanan utama. Gula dalam buah-buahan akan difermentasi jika mereka dicerna dengan protein berat yang biasanya memakan waktu dalam proses pencernaan," jelas Shilpa.

Senada dengan Shilpa, begitu juga menurut Dr. Zamurrud Patel, Consultant Dietitian, dari Global Hospitals Mumbai yang menjelaskan memang makan buah langsung setelah selesai makan itu bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan.

"Makan buah langsung setelah makan itu bukanlah ide bagus, karena tidak dapat dicerna dengan benar. Nutrisi juga tidak dapat diserap dengan baik. Anda harus membuat celah atau jarak, setidaknya 30 menit antara makan dan camilan buah," papar Dr. Zamurrud Patel.


Baca juga: BLT Cair, Yuk Bikin Steak ala Resto dengan Budget "Kaki Lima"

Kemudian jika merunut penjelasan di atas, lalu kapankah waktu yang tepat untuk memakan buah? Menurut Dr. Zamurrud Patel, waktu tepat untuk menyantap buah ialah di waktu pagi hari setelah menengguk segelas air mineral. Buah ketika dimakan di pagi hari, di mana dalam kondisi perut yang kosong, dikatakan akan memainkan peran utama dalam mendetoksifikasi sistem di tubuh.

Selain di pagi hari, waktu terbaik untuk makan buah ialah di sela-sela antara sarapan dan makan siang, dan di malam. Idealnya, buah-buahan sebaiknya dimakan pertama kali di pagi hari, antara sarapan dan makan siang yang mana jika memakan beberapa potong buah setidaknya setengah jam sebelum makan, dapat membantu mengontrol makan berlebihan saat makan siang.

Sebab hal ini dapat meningkatkan asupan serat karena sebagian besar buah mengandung serat, misalnya seperti apel, pir, pisang dan raspberry. Jadi, ketika makan serat, kita akan cenderung merasa kenyang lebih lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini