Penyandang Diabetes Masih Boleh Olahraga?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 481 2305225 penyandang-diabetes-masih-boleh-olahraga-Z8c59gdGUr.jpg Gula (Foto: Lark Health)

Diabetes masih menjadi salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat dunia. Penyakit ini ditandai dengan ciri tingginya kada gula (glukosa) dalam darah.

Penyakit ini disebabkan oleh banyak sebab, di antaranya adalah faktor keturunan maupun gaya hidup (Lifestyle) yang tidak sehat.

Dalam sebagian besar kasus, jika diabetes tidak terkontrol dengan baik, maka dapat menimbulkan beberapa komplikasi yang dapat mengancam nyawa. Salah satu cara untuk menekan risiko terkena diabetes adalah dengan memperbanyak aktivitas fisik. Namun apa yang harus dilakukan jika seseorang sudah terlanjur terkena diabetes?

 diabetes

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, Dr. dr. Dyah Purnamasari, Sp.PD, KEMD mengatakan, seseorang yang sudah terlanjur terkena diabetes sebenarnya masih diperbolehkan untuk melakukan aktivitas fisik, salah satunya dengan berolahraga. Caranya dengan melakukan aktivitas fisik yang melibatkan jantung (kardio) dengan tujuan membakar kalori dalam tubuh.

“Beberapa contoh aktivitas fisik adalah menyapu, menyiram tanaman dan lain-lain. Kalau mau olahraga juga sebaiknya harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Sebab orang diabetes memiliki spektrum klinis dan tingkat keparahan sendiri yang berbeda satu sama lain,” terang dr. Dyah, dalam Media Briefing #Hands4Diabetes bersama Tropicana Slim, Jumat (6/11/2020).

Lebih lanjut dr. Dyah mengatakan, pasien dengan gula darah sebesar 250-300 mg/dl disarankan untuk diturunkan terlebih dulu. Sebab jika kondisi tersebut dipaksa untuk berolahraga atau beraktivitas fisik, akibatnya malah bakal lemas.

Pasien akan lebih sering buang air kecil karena insulin tidak akan mampu membakar gula sehingga akan menumpuk di darah.

“Bagi penderita diabetes yang kadar gulanya sudah rendah, harus di cek kembali. Apabila gula darahnya di bawah 100 mg/dl harus makan snack dulu sebelum berolahraga. Disarankan berolahraga dengan intensitas sedang selama 5 hari dalam seminggu dengan durasi 30 menit per hari,” lanjutnya.

Baca juga: Pose Menggoda Pevita Pearce Pakai Tanktop Nude, Netizen: Kajol Indonesia!

Selain itu bagi penderita yang sudah mengalami komplikasi kronik yang disebabkan oleh diabetes seperti gangguan ginjal, jantung, darah tinggi (hipertensi) dan stroke maka harus konsultasi dulu dengan ahli fisioterapi.

“Misalnya mereka boleh melakukan aerobik dengan batasan 90 menit selama seminggu,” tutupnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini