Alami Diabetes, Obat Apa yang Paling Efektif Dikonsumsi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 481 2305259 alami-diabetes-obat-apa-yang-paling-efektif-dikonsumsi-xZZ0W7ut8c.jpg Gula terlalu banyak bisa bikin diabetes (Foto: Britannica)

World Health Organization (WHO) menyebut bahwa diabetes menduduki urutan ketiga sebagai penyakit tidak menular yang paling banyak dialami masyarakat dunia. Penyakit ini ditandai dengan ciri tingginya kada gula (glukosa) dalam darah.

Alhasil penderita diabetes wajib mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga kadar gula darahnya dalam tubuh.

 diabetes

Saat ini banyak sekali obat diabetes yang dijual di pasaran untuk mencegah peningkatan gula darah dalam tubuh. Obat-obatan tersebut tersedia dengan banyak pilihan mulai dari tablet hingga berbentuk cairan insulin yang disuntikkan ke dalam tubuh penderitanya. Namun jenis pengobatan diabetes seperti apakah yang baik untuk dilakukan?

Menjawab hal tersebut Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, Dr. dr. Dyah Purnamasari, Sp.PD, KEMD mengatakan, setiap obat memiliki karakteristiknya masing-masing. Karakter itulah yang harus disesuaikan dengan kebutuhan sang pasien. Alhasil pasien diabetes tidak boleh mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan.

“Biasanya kalau pasien minum obat sembarangan alias berbeda-beda dan tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan, maka itu tidak baik. Guideline Perkeni Diabetes bisa dibuka dan diunduh. Melalui web ini ada panduan menggunakan obat diabetes berikut dengan penatalaksanaannya,” ungkap dr. Dyah, dalam Media Briefing #Hands4Diabetes bersama Tropicana Slim, Jumat (6/11/2020).

Menurut dr. Dyah konsultasi dengan dokter spesialis di bidangnya adalah cara terbaik yang bisa dilakukan. Dokter nantinya akan menilai tingkat keparahan diabetes yang diderita seseorang sudah berada di stadium apa, bisa di awal, pertengahan dan akhir. Nantinya kondisi tersebut akan dinilai dari lama sakit dan komplikasi yang sudah terjadi.

 Baca juga: Pose Menggoda Pevita Pearce Pakai Tanktop Nude, Netizen: Kajol Indonesia!

“Ini menjadi pertimbangan untuk meramu obat apa saja yang bisa digunakan. Di guideline tersebut ada obat yang disetujui yakni metformin. Intinya sangat penting menjalin komunikasi yang baik antara pasien dengan dokter. Selain itu kejujuran dan disiplin juga harus dilakukan pada pasien,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini