5 Alasan Mengapa Perut Buncit Tak Kunjung Langsing

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 481 2305315 5-alasan-mengapa-perut-buncit-tak-kunjung-langsing-s19vK5ecqq.jpg (Foto: Boldsky)

Jika Anda adalah seseorang yang tanpa lelah bekerja untuk mencapai tubuh yang kencang dan sehat, sekarang Anda pasti sudah menyadari betapa sulitnya tugas untuk menghilangkan semua lemak perut berlebih yang membandel.

Bahkan setelah berinvestasi dalam latihan hardcore dan diet ketat, orang pasti akan bertanya-tanya mengapa lemak perut mereka menolak untuk pergi. Karena itu, untuk membantu Anda mengetahui sumber masalahnya, berikut ini alasan mengapa Anda tidak bisa menghilangkan lemak perut sebagaimana dilansir Times of India pada Jumat (6/11/2020).

Diet Anda terlalu ketat dan kekurangan nilai gizi

Salah satu dari banyak alasan mengapa Anda tidak bisa menurunkan berat badan adalah karena rutinitas diet ketat Anda, yang sering kali menyebabkan kekurangan nutrisi dalam tubuh Anda. Dalam hal menghilangkan lemak perut, mengurangi kalori sangatlah penting.

Namun, dalam upaya untuk mengurangi kalori, Anda mungkin juga menghilangkan mikro dan makronutrien penting dari makanan Anda. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan karena hilangnya otot dan kelebihan air dari tubuh Anda, bukan lemak. Oleh karena itu, menjadi sulit bagi Anda untuk menghilangkan lemak perut secara efisien.

Stres dan kecemasan

Menurut sebuah penelitian, stres dan kecemasan dapat meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh, yang pada akhirnya memperlambat metabolisme.

Dengan tingkat metabolisme yang berkurang, peluang Anda untuk menurunkan berat badan atau lemak perut Anda turun secara drastis, membuat Anda bertambah gemuk bahkan setelah semua latihan ekstensif itu.

Kurang tidur

Insomnia atau kurang tidur sering kali dapat menghambat proses menghilangkan lemak perut. Penelitian telah menemukan bahwa kualitas tidur yang buruk pada orang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang besar dan mungkin membuat mereka lebih sulit untuk mengurangi lemak perut karena kurang tidur sering dikaitkan dengan pola makan yang tidak sehat.

 Insomnia atau kurang tidur sering kali dapat menghambat proses menghilangkan lemak perut.

Baca juga: Sembilan Bulan Melewati Pandemi, Psikolog: Anda Luar Biasa!

Anda melakukan latihan yang salah

Olahraga adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Namun, jika Anda melakukan latihan yang salah maka tidak mungkin Anda akan mencapai tujuan Anda. Dikatakan demikian, ini karena lemak perut sangat membandel.

Meskipun Anda mungkin berhasil menurunkan berat badan selama latihan kardio awal, seperti lari jarak jauh, tidak ada jaminan bahwa Anda akan terus membakar kalori dengan latihan yang sama. Oleh karena itu, Anda harus melakukan latihan yang menantang tubuh Anda dan menciptakan robekan mikro pada otot yang membutuhkan lebih banyak energi.

Minum alkohol

Salah satu dampak buruk mengonsumsi minuman beralkohol ialah dapat menyebabkan kelebihan lemak perut. Minuman yang memabukkan ini mengandung kadar gula yang tinggi, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan lemak perut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini