Tahu Mengandung Nutrisi yang Menyehatkan Tubuh

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 481 2305372 tahu-mengandung-nutrisi-yang-menyehatkan-tubuh-asvOo4qvdc.jpg (Foto: Boldsky)

Tahu merupakan makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Banyak hidangan makanan yang menghadirkan tahu sebagai pelengkap dan tentunya membuat makanan bertambah lezat.

Di balik rasanya yang enak dan bisa diolah untuk berbagai macam sajian makanan, tahu mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh. Tahu mengandung beberapa nutrisi sehat, termasuk kaya akan protein, rendah kalori, dan bebas kolesterol.

Tahu telah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan berasal dari China. Pada umumnya tahu sering diikutsertakan dalam menu masakan Asia. Meskipun sangat lunak ketika dicampur dengan bahan lain, tahu dapat menambahkan sentuhan yang tepat untuk setiap hidangan.

Selain sering disebut sebagai "keju Asia", kandungan tahu yang sangat kaya protein kedelai, telah terbukti secara medis memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol sebanyak 30 persen.

LDL (kolesterol jahat) dapat berkurang sebanyak 35-40 persen, mengurangi terjadinya pembekuan darah, bahkan meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik). Penderita penyakit jantung dan diabetes bisa merasakan manfaat besar dari kandungan tahu yang terdapat dalam makanan mereka.

 Tahu merupakan makanan yang digemari masyarakat Indonesia.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perut Buncit Tak Kunjung Langsing

Tidak hanya bermanfaat bagi penderita penyakit jantung, tetapi tahu juga bisa memberikan manfaat lain bagi wanita. Kandungan tahu membantu mengurangi dan mencegah gejala-gejala tidak nyaman saat menopause, dengan menyeimbangkan tingkat estrogen.

Tahu yang juga diperkaya dengan kalsium telah terbukti sebagai efektif bila dikonsumsi oleh penderita rheumatoid arthritis. Penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri, yang mengakibatkan peradangan dalam waktu cukup lama pada sendi.

Tahu dapat dibeli di setiap toko maupun pasar-pasar Asia dan tersedia dalam berbagai warna dan ukuran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini