5 Tips Jaga Kesehatan Mental di Tengah Resesi Ekonomi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 481 2305506 5-tips-jaga-kesehatan-mental-di-tengah-resesi-ekonomi-HQeddNF3Ch.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Pandemi virus corona Covid-19 yang tak kunjung berakhir membuat Indonesia mengalami resesi ekonomi. Ini artinya tingkat pengangguran akan semakin besar dan akan berdampak pada kehidupan masyarakat.

Tentunya kehidupan manusia yang serba sulit akan menimbulkan dampak pada kesehatan mental apabila tidak diatur dengan baik. Alhasil menjaga kesehatan mental agar tetap tenang adalah cara terbaik yang bisa dilakukan.

Merangkum dari Deschutes, Jumat (6/11/2020), berikut tips menjaga kesehatan mental di tengah tekanan akibat resesi ekonomi yang melanda. Yuk disimak.

1. Menjaga kesehatan tubuh

Olahraga di Rumah

Tidur dengan waktu yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Menkes Terawan: Telemedis Perlu Ditingkatkan untuk Tanggulangi Covid-19

2. Berbicaralah dengan orang lain

Ngobrol

Perasaan cemas adalah hal yang wajar dalam situasi seperti ini. Hubungi dan bicaralah dengan orang-orang terdekat Anda yang dapat memberikan dukungan.

3. Hindari rumor dan informasi yang tidak akurat

Pastikan untuk tidak mudah termakan informasi palsu dan hoax. Jadi andalkan sumber resmi untuk mendapatkan informasi terkini yang akurat.

4. Lakukan tindakan kesehatan yang bisa dilakukan

Cuci Tangan

Meskipun beberapa hal berada di luar kendali, tapi selalu ada hal-hal yang dapat dikendalikan sebagai seorang individu. Beberapa di antaranya adalah cuci tangan sesering mungkin, hindari kontak dekat dengan orang yang sakit, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, tetap berada di rumah saat Anda sakit, tutupi batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah, dan bersihkan juga disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.

5. Mintalah bantuan jika diperlukan

Setiap wilayah pasti memiliki layanan lokal selama 24 jam yang siap membantu Anda saat mengalami kesulitan. Seringkali akibat stress seseorang terus berjuang untuk tidur, hal ini dapat memicu peningkatan penggunaan narkoba atau alkohol, rasa depresi atau panik yang berlebihan, dorongan untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain. Pastikan untuk menghubungi mereka apabila memiliki masalah dan membutuhkan bantuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini