Di Hadapan WHO, Menkes Terawan Puji Presiden Jokowi dan Luhut Binsar Pandjaitan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 06 November 2020 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 481 2305537 di-hadapan-who-menkes-terawan-puji-presiden-jokowi-dan-luhut-binsar-panjaitan-ka4d9MjsaF.jpg Menkes Terawan (Webinar WHO)

(Menkes) Terawan Agus Putranto muncul di media briefing terkait Intra-Action Review (IAR) yang diselenggarakan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (6/11/2020).

Dalam keterangan resminya, Menkes Terawan menjelaskan bahwa platform IAR yang diinisiasi WHO dapat menjadi patokan penanganan Covid-19, baik di pusat maupun daerah di Indonesia. Hal ini juga berkait keterlibatan multisektoran yang terbangun dengan baik.

Ya, kerja sama multisektor merupakan kunci sukses tercapaianya program IAR. Karena itu, beberapa instansi pemerintah, tenaga kesehatan, dan juga TNI serta Polisi dilaporkan terlibat aktif dalam keseluruhan proses IAR tersebut.

Menkes Terawan

"Perwakilan Kementerian Kesehatan di pusat dan daerah, Satgas Covid-19 di pusat dan daerah, militer dan polisi, pemerintah provinsi dan kota/kabupaten, rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan utama, laboratorium, universitas, organisasi profesi, wirausaha, dan organisasi internasional telah berkomitmen secara aktif terlibat dan berkontribusi dalam keseluruhan proses IAR," kata Menkes Terawan.

Dari kerjasama multisektor tersebut, lanjut Terawan, pemerintah Indonesia bisa mendapatkan beragam perspektif berbeda yang bermanfaat dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga : Menkes Terawan: IAR Jadi Patokan Penanganan Covid-19 di Indonesia

Menariknya, Menkes Terawan sempat menyinggung soal Presiden Joko Widodo bahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan di forum WHO tersebut.

Kata Menkes Terawan, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan koordinasi Kepala Satgas Covid-19 Luhut Binsar Pandjaitan, kerjasama multisektor dalam penanganan Covid-19 bisa terwujud.

"Ini tidak lah mudah melibatkan 138 multisektoral stake holder untuk mengadakan IAR di Indonesia. Namun, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, kerjasama penanganan Covid-19 dapat terwujud," terangnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini