6 Cara Hilangkan Komedo Putih, Cuci Wajah hingga Ganti Sarung Bantal

Novia, Jurnalis · Minggu 08 November 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 08 481 2306137 6-cara-hilangkan-komedo-putih-cuci-wajah-hingga-ganti-sarung-bantal-313otnIj1R.jpg (Foto: Shutterstock)

Komedo putih bisa sangat mengganggu. Benjolan putih ini terjadi saat pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak) dan sel kulit mati. Komedo putih ini bisa muncul pada saat yang tidak tepat dan dapat muncul di wajah, leher dan dada.

Untuk mengatasi benjolan putih ini, berikut tips perawatan kulit terbaik yang perlu Anda ingat, dikutip Timesofindia.

1. Mencuci wajah

Jika Anda melihat komedo putih ini sebagai hal yang biasa, maka pastikan Anda menggunakan pembersih yang sesuai dan mencuci muka dua kali dalam sehari. Gunakan pembersih lembut di pagi hari dan pembersih berbasis gel di malam hari untuk menjauhkan semua kotoran. Selain itu, berkeringat juga dapat menyebabkan komedo putih. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mencuci muka setelah berolahraga.

 Jika Anda melihat komedo putih ini sebagai hal yang biasa, maka pastikan Anda menggunakan pembersih yang sesuai dan mencuci muka dua kali dalam sehari.

2. Mencuci wajah setelah make-up

Jika Anda tidak mencuci wajah setelah make-up maka jerawat dan komedo putih akan muncul. Pastikan Anda membersihkan riasan setelah berada di rumah. Jika Anda tidak memiliki pembersih di rumah, Anda dapat menggunakan krim wajah atau petroleum jelly untuk membersihkan riasan.

3. Pengelupasan kulit

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan semua sel kulit mati, pori-pori tersumbat, dan sebagainya. Tergantung pada jenis kulit Anda, Anda dapat menggunakan eksfoliasi dengan lembut 1-3 kali seminggu. Pastikan Anda tidak melakukannya secara berlebihan karena dapat merusak kulit Anda.

Baca juga: Musim Hujan, Ini Pentingnya Konsumsi Vitamin C hingga Vitamin E

4. Pilih bahan yang tepat

Untuk Komedo putih, jangan gunakan produk perawatan kulit secara acak. Gunakan produk yang mengandung bahan antibakteri seperti 'benzoyl peroxide' dan 'salicylic acid'. Benzoil peroksida membantu mengurangi bakteri, serta asam salisilat dapat mengecilkan komedo putih. Pastikan Anda menggunakan perawatan komedo putih hanya pada bagian yang terkena dan tidak secara keseluruhan.

5. Singkirkan tangan dari wajah Anda

Jika Anda memiliki kebiasaan menyentuh wajah berulang kali, maka Anda hanya memindahkan minyak dan bakteri ke wajah Anda. Selain itu, memencet komedo putih itu sendiri dapat menyebarkan bakteri dan menyebabkan lebih banyak komedo.

6. Mengganti sarung bantal

Sumber bakteri lain adalah sarung bantal Anda dan salah satu alasan di balik jerawat atau komedo Anda. Untuk menghindarinya, gantilah sarung bantal lebih sering. Menjaga kebersihan benda-benda yang bersentuhan dengan kulit akan mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini