Cara Menjaga Tubuh agar Terhindar dari Diabetes

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 09 November 2020 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 481 2306668 cara-menjaga-tubuh-agar-terhindar-dari-diabetes-LCPtNqGDZW.jpg (Foto: Shutterstock)

WORLD Health Organization (WHO) menetapkan diabetes sebagai penyakit ketiga tidak menular yang paling banyak dialami masyarakat dunia. Penyakit ini ditandai dengan ciri tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Penyakit ini disebabkan oleh banyak sebab, di antaranya adalah faktor keturunan maupun gaya hidup (Lifestyle) yang tidak sehat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, Dr. dr. Dyah Purnamasari, Sp.PD, KEMD mengatakan masyarakat sebenarnya bisa mencegah diabetes sejak dini. Salah satunya dengan melakukan skrining diri dan mengatur gaya hidup dengan mengelola asupan makanan yang baik dan benar sesuai dengan apa yang diperlukan tubuh.

“Melalui Guideline Perkeni Diabetes bisa dibuka dan diunduh. Melalui web ini ada panduan menggunakan obat diabetes berikut dengan penatalaksanaannya. Di sana juga ada guidline apa yang dilakukan oleh seseorang di atas atau di bawah usia 45 tahun. Semuanya dikondisikan dengan riwayat kesehatan orang tersebut,” ucap dr. Dyah dalam Media Briefing #Hands4Diabetes.

Dokter Dyah menyarankan bagi masyarakat yang memiliki faktor keturunan diabetes, harus melakukan skrining kesehatan di bawah usia 45 tahun. Namun jika seseorang tidak memiliki riwayat diabetes dan merasa telah menjalankan pola hidup sehat, maka skrining kesehatan bisa dilakukan di atas usia 45 tahun.

“Prinsip hidup sehat itu intinya menghindari asupan karbohidrat sederhana yang terlalu banyak. Yang bagus itu konsumsi karbohidrat kompleks. Dengan pola makan keliru akan membebankan tubuh. Mereka akan bekerja keras awalnya, tapi nantinya akan failure. Setelah failure dia akan decline dan menyebabkan munculnya penyakit,” tuntasnya.

WHO menetapkan diabetes sebagai penyakit ketiga tidak menular yang paling banyak dialami masyarakat dunia.
Baca juga: Penderita Diabetes Mau Makan Manis? Baca Ini Dulu

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini