Berapa Asupan Kalori Harian Cegah Peningkatan Kadar Gula Darah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 09 November 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 481 2306718 berapa-asupan-kalori-harian-cegah-peningkatan-kadar-gula-darah-HoRXnePng3.jpg (Foto: Shutterstock)

MENJAGA kadar gula darah tetap stabil adalah tugas utama seorang penyandang diabetes. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kadar gula darah dalam tubuh adalah rutin mengonsumsi obat dan menjaga asupan makan yang teratur.

Meski demikian menjaga gula darah tetap stabil tidaklah semudah yang dibayangkan. Biasanya usaha untuk mencegah kenaikan kadar gula darah tidak berbanding lurus dengan kenyataan pada saat di lapangan. Bahkan ada masyarakat yang justru mengalami lonjakan gula darah akibat salah dalam mengelolanya.

Menjawab hal tersebut Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, Dr. dr. Dyah Purnamasari, Sp.PD, KEMD menjelaskan bahwa dalam tubuh manusia terdapat hormon yang akan membagi setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang masuk ke dalam tubuh tersebut akan diubah menjadi kalori dan dikelola secara otomatis.

“Hormon akan membagi kalori mana yang akan disimpan dan yang akan dipergunakan untuk aktivitas. Kalau aktivitas kurang maka akan disimpan. Nantinya kalau semakin banyak yang disimpan akan menumpuk dan akan menimbulkan kenaikan berat badan (obesitas) dan berujung pada naiknya kadar gula darah,” ucap dr. Dyah dalam Media Briefing #Hands4Diabetes, Jumat (6/11/2020).

Lebih lanjut dr. Dyah mengatakan pada wanita asupan kalori yang dibutuhkan setiap hari berkisar antara 1.500 - 1.700. Sementara pada pria asupan kalori yang dibutuhkan berkisar 1.900 - 2.100 kalori. Asupan kalori harian ini bisa digunakan sebagai acuan dasar. Sehingga masyarakat bisa lebih mengontol konsumsi gula yang dipergunakan untuk beraktivitas.

 Menjaga kadar gula darah tetap stabil adalah tugas utama seorang penyandang diabetes.

Baca juga: Begini Cara Kerja Minyak Kelapa untuk Mengobati Sembelit

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini