Rambut Juga Butuh Kolagen, Apa Fungsinya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 November 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 611 2306764 rambut-juga-butuh-kolagen-apa-fungsinya-1hn3UJeqMf.jpg Ilustrasi (Foto : Sheknows)

Jika mendengar kata kolagen, mungkin Anda akan membayangkan kulit kenyal dan awet muda. Tapi, pernahkan Anda membayangkan kolagen di rambut?

Ya, dalam menjaga kesehatan rambut, ternyata ada peran kolagen di sana. Jadi, kolagen bukan hanya baik untuk kulit wajah maupun tubuh, tetapi baik juga untuk rambut.

Diterangkan Dokter Estetika dr Shella Pratiwi, DIPL AAAM, kolagen dibutuhkan rambut untuk menjaga agar tidak rontok dan tidak mudah parah. Kolagen juga diperlukan rambut agar tercipta rambut elastis.

"Ya, rambut elastis atau rambut yang diikat lalu diregangkan, dia akan kembali ke bentuk semula. Untuk bisa mendapatkan rambut seperti itu, kolagen jawabannya," terang dr Shella di Webinar yang diselenggarakan Sunsilk, Senin (9/11/2020).

Perawatan Rambut

Dia melanjutkan, dengan kondisi rambut elastis, itu juga berarti rambut Anda sehat, ternutrisi dengan baik. Menjadi pertanyaan sekarang, dari mana bisa mendapatkan kolagen?

Kolagen bisa ditemukan dalam bahan makanan alami. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan kolagen dari produk khusus perawatan rambut yang memang mengandung kolagen. "Dengan tercukupinya kolagen di rambut, ini akan membuat rambut Anda terlihat lebih sehat pastinya karena salah satu sifat kolagen adalah antioksidan," tambah dr Shella.

Naca Juga : Luna Maya Bergaya ala Gadis Sumba, Chika Jessica: RM Meleleh Lihat Ini

Lebih lanjut, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat elastisitas rambut berkurang. Menurut dr Shella, salah satunya adalah cara mengikat rambut yang salah. Kebiasaan sepele ini ternyata memengaruhi kesehatan rambut Anda, lho.

"Tidak hanya itu, cara menyisir dan durasi mengikat rambut pun menjadi faktor eksternal yang membuat elastisitas rambut rusak. Untuk mengatasinya, tentu mengurangi kebiasaan tersebut dan memastikan nutrisi tubuh terjaga plus memastikan asupan kolagen tercukupi," paparnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini