5 Alasan Orang Senang Jadi Jomblo, Apa Kamu Salah Satunya?

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 09 November 2020 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 612 2306613 5-alasan-orang-senang-jadi-jomblo-apa-kamu-salah-satunya-BRRfPgU1ot.jpg Jomblo hidup bebas (Foto: Lucknow City)

Dalam hidup terkadang seringkali kita menemukan seseorang yang memilih jadi jomblo selama bertahun-tahun. Namun sebenarnya hal itu tak ada salahnya, sebab memang mereka belum menemukan jodoh atau memang mereka tak ingin menikah. Itu sebenarnya hak mereka dan bukan urusan kita.

Namun seperti dilansir dari Psychalive.org,berikut ini sejumlah alasan mengapa seseorang lebih senang menjomblo. Apakah kamu termasuk?

 jomblo

1. Takut terluka

Banyak orang pernah terluka dalam hubungan percintaan. Mereka pernah kehilangan atau dikhianati orang yang paling dicintainya sehingga mereka tak mau mengalami lagi. Hal ini bisa membuat seseorang tak mau terlalu dekat atau intim karena takut terluka karena ditinggalkan atau kehilangan.

2. Takut keintiman

Kebanyakan dari kita mengaku ingin menemukan pasangan yang penuh kasih dan penuh keintiman. Namun ternyata, saat kita jadi terlalu intim, kita takut baper yang akhirnya bisa melukai hati kita sendiri jika sang kekasih pergi meninggalkan. Oleh karena itu pilihan menjadi jomblo terasa lebih menenangkan.

3. Punya masalah kepercayaan

Karena sering disakiti, seseorang jadi memiliki masalah kepercaayaan alias trust issue. Akibatnya seorang wanita mulai berpikir seperti, "Tidak ada pria yang baik di luar sana." Mungkin seorang pria juga berpikir, "Kamu tidak bisa mempercayai seorang wanita." Dampaknya seseorang lebih baik jadi jomblo saja karena sulit percaya kepada calon pasangan, bahkan sebelum memberi mereka kesempatan.

4. Harga diri rendah

Seseorang memilih jadi jomblo karena mereka percaya tidak ada yang mau jadi pasangan mereka. Mereka berpikir tidak ada orang yang tertarik kepada mereka.

Kita semua memiliki suara batin 'kritis' yang selalu memberi tahu kekurangan kita misalnya, terlalu gemuk, terlalu jelek, terlalu tua atau terlalu berbeda. Nah, suara batin kritis ini harus kita musnahkan dan hancurkan. Sebab suara batin yang buruk itu hanya toxic dan merusak mental kita. Kita harus yakin bahwa diri kita berharga dan cantik atau tampan.

 Baca juga: Nagita Slavina Latihan Menari Pakai N95, Netizen: Virus Bakalan Sungkem Sama Ini Masker

 

5. Takut kompetisi

Kurangnya harga diri sering kali menyebabkan ketakutan untuk bersaing. Sangat mudah untuk merendahkan diri kita sendiri dalam hubungan dengan orang lain, terutama dalam hal berkencan. Saat kita bertemu seseorang yang kita sukai, sangat mudah untuk berpikir, "Dia bisa mendapatkan yang lebih baik."

Saat kita melihat bahwa orang lain suka kepada orang yang kita sukai, maka kita mungkin segera melarikan diri dari kompetisi. Itulah mengapa kadang kita betah jadi jomblo.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini