Sering Merasa Cemas, Hindari Makanan dan Minuman Berikut Ini Ya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 298 2307219 sering-merasa-cemas-hindari-makanan-dan-minuman-berikut-ini-ya-q8Q5Wki4ex.jpg Cookies manis (Foto: Too Sweet Cakes)

Kita semua pernah mengalami saat-saat stres dan cemas hebat dalam hidup. Ini adalah sesuatu yang lazim terjadi.

Perlu diketahui, makanan dan minuman memiliki efek terhadap kecemasan tersebut. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari saat merasa cemas, sebagaimana dilansir Times of India.

 kue manis

1. Kue manis

Kecemasan banyak hubungannya dengan kadar gula darah kita. Sebab, makanan tinggi gula bisa memicu peningkatan kadar gula darah sehingga menimbulkan kecemasan pada manusia.

Alih-alih mengonsumsi makanan manis seperti kue, cookies, pastry, dan lainnya, Anda harus beralih ke buah-buahan segar yang memiliki kandungan gula alami.

2. Alkohol

Banyak orang percaya bahwa minuman beralkohol membantu mereka menenangkan saraf, padahal kenyataannya justru sebaliknya. Alkohol dapat berdampak buruk pada kadar gula darah kita dan juga dapat menyebabkan insomnia pada manusia. Selain itu bisa mengakibatkan dehidrasi dan mabuk berat sehingga memicu rasa cemas dan stres.

3. Minuman manis

Mirip dengan makanan manis, minuman manis juga dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga menyebabkan kecemasan. Jus buah banyak juga mengandung banyak gula tanpa cukup serat di dalamnya. Diet rendah serat sering kali menyebabkan gangguan pencernaan dan menyebabkan peningkatan gula darah.

4. Makanan yang diproses

Makanan olahan biasanya menyebabkan gangguan pencernaan dan peradangan pada perut, yang bisa menyebabkan kecemasan. Karena kandungan seratnya yang rendah, dapat mengganggu sistem usus dan mencegah fungsi tubuh yang sehat.

Baca juga: Alquran dan Sains Lebih Dulu Jelaskan Tentang Makhluk Luar Angkasa

5. Minuman berkafein

Menurut sebuah penelitian, kecemasan lebih rentan terjadi pada orang yang mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman berenergi. Kafein mengaktifkan reseptor adenosin di sistem saraf perifer dan pusat, yang memicu kecemasan tingkat tinggi pada manusia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini