Ibu Hamil Rajin Konsumsi Vitamin D, IQ Anak Lebih Tinggi?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 481 2307241 ibu-hamil-rajin-konsumsi-vitamin-d-iq-anak-lebih-tinggi-deEYhj9IGQ.jpg Ibu hamil (Foto: Hindustan Times)

Kadar vitamin D yang dikonsumsi ibu hamil seringkali dikaitkan dengan IQ anak-anak mereka nantinya. Jika seorang ibu hamil mengonsumsi kadar vitamin D yang lebih tinggi, ini dapat menyebabkan skor IQ anak-anak juga lebih tinggi.

Studi ini mengidentifikasi tingkat konsumsi vitamin D yang jauh lebih rendah di antara wanita hamil yang berkulit hitam. Melissa Melough, penulis utama studi dan ilmuwan penelitian di Departemen Kesehatan Anak, Perilaku, dan Perkembangan di Seattle Children's Research Institute mengatakan, kekurangan vitamin D umum terjadi pada populasi umum serta wanita hamil, tetapi mencatat bahwa wanita kulit hitam ada di resiko yang lebih besar.

 telur sumber Vitamin D

Melough mengatakan, dia berharap penelitian ini akan membantu penyedia layanan kesehatan mengatasi perbedaan di antara wanita kulit berwarna dan mereka yang berisiko lebih tinggi untuk kekurangan vitamin D.

“Pigmen melanin melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi dengan menghalangi sinar UV, melanin juga mengurangi produksi vitamin D di kulit," kata Melough seperti dilansir Hindustan Times pada Selasa (10/11/2020).

Karena itu, lanjut Melough, pihaknya tidak terkejut melihat tingginya tingkat kekurangan vitamin D di antara wanita hamil kulit hitam. Meskipun banyak wanita hamil yang mengonsumsi vitamin prenatal, hal ini mungkin tidak memperbaiki kekurangan vitamin D yang ada.

Kekurangan vitamin D

“Kekurangan vitamin D cukup lazim. Sulit untuk mendapatkan vitamin D yang cukup melalui makanan, dan tidak semua orang dapat mengatasi kesenjangan ini melalui paparan sinar matahari, jadi solusi yang baik adalah dengan mengonsumsi suplemen,” tutur Melough.

Asupan vitamin D harian yang direkomendasikan adalah 600 unit internasional (IU). Makanan yang mengandung tingkat vitamin D yang tinggi diantaranya ikan berlemak, telur, dan sumber yang diperkaya seperti susu sapi dan sereal sarapan.

Namun, Melough mencatat bahwa vitamin D adalah salah satu nutrisi yang paling sulit didapat dalam jumlah yang cukup dari makanan kita. Diperlukan penelitian tambahan untuk menentukan kadar vitamin D yang optimal dalam kehamilan, tetapi Melough berharap penelitian ini dapat membantu mengembangkan rekomendasi nutrisi untuk ibu hamil.

 Baca juga: Alquran dan Sains Lebih Dulu Jelaskan Tentang Makhluk Luar Angkasa

Terutama di antara wanita kulit hitam dan mereka yang berisiko tinggi kekurangan vitamin D, suplementasi dan skrining nutrisi mungkin merupakan strategi yang berdampak untuk mengurangi kesenjangan kesehatan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini