Usai Vaksin Covid-19 Ditemukan, Apakah Kehidupan Bisa Kembali Normal?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 481 2307287 usai-vaksin-covid-19-ditemukan-apakah-kehidupan-bisa-kembali-normal-SwIOoocffB.jpg Kehidupan di era pandemi virus corona (Foto: KTLA)

Pandemi Covid-19 yang hampir satu tahun lamanya menyerang, kini mulai menemukan titik terang. Sekadar informasi saat ini para peneliti terus berjuang mengembangkan vaksin untuk melawan pandemi, dan kini vaksin tersebut bakal diberikan secara massal kepada seluruh masyarakat.

Banyak orang percaya dengan hadirnya vaksin maka kehidupan bisa kembali seperti normal. Namun apakah hal tersebut benar?

 kehidupan normal

Merangkum dari akun Instagram resmi Kementerian Kesehatan Indonesia @kemenkes_ri, Selasa (10/11/2020), vaksin akan memberikan kekebalan bagi tubuh agar tidak sakit saat terpapar virus.

Meski demikian jika masyarakat abai terhadap protokol kesehatan, maka tetap dapat menularkan penyakit kepada orang lain. Selain itu saat ini vaksin Covid-19 juga masih menunggu hasil uji klinis.

Apabila vaksin yang kini dikembangkan menunjukkan hasil positif, maka bisa diberikan langsung kepada masyarakat. Hanya saja seseorang harus paham betul bagaimana vaksin bisa bekerja dalam tubuh manusia.

“Vaksin memberikan kekebalan, agar saat terpapar virusnya, seseorang tidak jadi sakit. Tapi vaksin tidak membebaskan seseorang dari penularan. Setelah vaksin Covid-19, seseorang mungkin akan kebal dari virus, tapi yang bahaya adalah menularkan virusnya ke orang lain,” tulis postingan Instagram Kemenkes tersebut.

Oleh sebab itu Kemenkes menyarankan, masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan sebagai hal yang paling utama sekaligus cara terbaik untuk mencegah penularan Covid-19.

 Baca juga: Alquran dan Sains Lebih Dulu Jelaskan Tentang Makhluk Luar Angkasa

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak (social distancing).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini