Terobsesi dengan Kekasih? Ini 7 Langkah Mengatasinya

Adella Christyanti, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 612 2307095 terobsesi-dengan-kekasih-ini-7-langkah-mengatasinya-h2pFNDKjDG.jpg Terobsesi dengan kekasih (Foto: India)

Dalam hubungan percintaan terkadang seseorang tak sadar kalau dia sangat terobsesi dengan kekasihnya. Dia selalu ingin menghabiskan waktu bersama kekasihnya dan selalu merasa keberatan untuk berpisah hingga sang kekasih merasa terganggu.

Orang yang terobsesi dengan kekasihnya selalu ingin tahu di mana kekasihnya berada, dan mencoba mengendalikan perilaku kekasihnya. Seseorang yang sangat terobsesi juga sangat pencemburu, posesif, dan sangat takut kehilangan. Akibatnya hubungan malah bisa jadi toxic.

Perilaku ini merusak kedua pasangan dan sering kali merusak hubungan. Jika Anda ingin berhenti terobsesi dengan kekasih, berikut ini 7 langkah mengatasinya seperti dilansir dari Lifehack.

 selalu cemburu dengan kekasih

1. Sadarilah perbedaan antara cinta sejati dan cinta palsu

Tidak ada pasangan yang dapat memperbaiki kekurangan Anda atau menghilangkan masalah dalam hidup Anda, hanya Anda yang bisa melakukannya. Cinta palsu adalah mencintai seseorang yang Anda khayalkan dalam fantasi Anda sendiri.

Orang yang Anda fantasikan ini sejatinya tidak ada dan berbeda dengan jiwa kekasih Anda sesungguhnya. Bahkan Anda berharap kekasih Anda seperti orang yang Anda khayalkan. Padahal cinta sejati adalah mencintai seseorang apa adanya, termasuk segala kekurangannya.

2. Obsesi membuat Anda sulit melihat kekasih Anda secara real

Saat Anda terobsesi dengan kekasih Anda maka Anda tidak melihat kekasih Anda apa adanya. Misalnya saja Anda merasa hubungan asmara kalian akan bertahan selamanya, tetapi kekasih Anda mungkin tidak merasakan hal yang sama. Mungkin dia hanya menganggap hubungan ini dijalani saja, entah jodoh atau tidak, tidak ada masalah.

3. Coba melihat hubungan dari sudut pandang kekasihmu

Mungkin kamu ingin selalu dinomorsatukan oleh kekasihmu. Selalu ingin diutamakan. Namun seharusnya Anda sadar diri bahwa hanya Anda yang bisa menomorsatukan diri Anda, bukan kekasih Anda.

Sadarilah bahwa keberadaan Anda tidak bisa jadi satu-satunya prioritas siapa pun, termasuk kekasih Anda. Dan mengharapkan hal itu, tidak realistis.

 Baca juga: Alquran dan Sains Lebih Dulu Jelaskan Tentang Makhluk Luar Angkasa

4. Pikirkan bahaya obsesi

Obsesi bisa terlihat romantis, meledak-ledak, penuh cinta, dan gairah. Akibatnya seseorang bisa tenggelam dalam lautan asmara karena terlena. Namun waspadalah terhadap bahaya obsesi. Seringkali orang dengan obsesi, sulit untuk tumbuh karena mereka terlalu fokus pada orang lain (kekasihnya).

Mereka juga menggantungkan kebahagiaannya kepada kekasihnya, akibatnya mereka susah bahagia. Sadarilah bahwa kebahagiaan dan kemandirian saling terkait.

5. Belajar untuk mencintai diri sendiri

Seringkali orang yang terobsesi dengan kekasihnya merupakan orang yang sukar mencintai diri sendiri. Akibatnya mereka mencari orang lain untuk mencintainya.

Mereka merasa berharga jika ada orang lain yang mencintainya. Ini sangat berbahaya sebab kekasih Anda bisa meninggalkan kapan saja. Maka mulailah untuk mencintai diri sendiri dengan mengenali bakat Anda, dan memperhatikan kebutuhan emosional Anda.


6. Habiskan waktu bersama teman-teman dan keluarga

Daripada hanya fokus pada kekasihmu, coba pikirkan semua orang yang mencintai Anda seperti ibu Anda, adik-adik Anda, keponakan-keponakan Anda, pikirkan betapa mereka sayang dan cinta Anda. Maka coba Anda mencari cara untuk membahagiakan mereka juga.

Ingat, kekasih Anda bukanlah segalanya dalam hidup Anda. Habiskan waktu bersama teman-teman dan keluarga akan membantu Anda menyadari bahwa Anda memiliki prioritas lain dan membantu Anda mendapatkan kembali kemandirian Anda. Jadi jika kekasih Anda suatu hari meninggalkan Anda, Anda akan santai saja sebab dia bukanlah segalanya.

7. Lakukan aktivitas yang Anda sukai

Apakah Anda punya minat atau hobi? Cobalah melakukan sesuatu yang menarik minat Anda setiap hari, mulai dari membaca satu bab dalam buku hingga menghadiri kelas yoga. Ini akan memberi Anda waktu setiap hari untuk menikmati kebersamaan Anda sendiri. Semoga Anda berhasil mengatasi sikap terobsesi terhadap kekasih ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini