Layanan 'Paman Jahat' Populer, Efektif Bikin Jera Anak Nakal?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 612 2307112 layanan-paman-jahat-populer-efektif-bikin-jera-anak-nakal-qxjNPG3uQN.jpg (Foto: Odditycentral)

SEORANG pria di China menjadi populer di negara asalnya karena memainkan peran sebagai ‘paman jahat’ yang bertugas untuk menakut-nakuti anak agar menghabiskan makanan mereka dan tidur lebih awal.

Saat ini ‘paman jahat’ adalah sosok yang sangat populer. Para orangtua yang mencoba membuat anak-anak mereka menjadi lebih patuh dapat mencoba jasa paman jahat untuk disewa. Ia akan merekam video dirinya yang sedang merengut dan membuat wajah di depan kamera.

Tujuannya tak lebih hanya untuk menakut-nakuti anak agar mendengarkan perintah orangtua mereka. Sekadar informasi, sosok yang berperan sebagai ‘Paman Jahat’ tersebut bernama Luo Qingjun, yang berasal dari Kota Lishui, di Provinsi Zhejiang China.

Kabarnya Luo berperan sebagai paman jahat sebagai bantuan untuk anak seorang teman. Tetapi setelah merekam video yang sangat efektif, temannya merekomendasikannya kepada orangtua lain, dan sebelum dia menyadarinya, Luo telah menjadi paman dengan citra yang buruk.

Ketika anak-anak tidak pernah menghabiskan makanan mereka, menolak tidur lebih awal atau tidak membersihkan mainan, Luo Qingjun tahu betul bagaimana harus menangani mereka. Dia menerima komisi dari orangtua dan membuat video khusus untuk mereka masing-masing.

Luo akan memanggil mereka dengan nama dan memperingatkan bahwa jika tidak mendengarkan orangtua, mereka harus berurusan dengannya. Terbukti para anak-anak ketakutan dan tidak menuruti perkataan Luo.

“Sampah harus dibuang ke tempat sampah, kan? Aku akan menangkapmu jika kamu tidak mendengarkan orangtuamu!,” ujar pria berusia 27 tahun itu, sebagaimana dilansir Oddity Central, Senin (9/11/2020).

“Jika kamu tidak mengerjakan PR, jangan makan dan jangan tidur, aku akan membawamu pergi!,” ucap Luo saat memperingatkan anak lainnya.

Ancaman Luo mungkin tampak mengganggu bagi banyak orangtua dengan budaya barat modern, tetapi orangtua di China dilaporkan tergila-gila dengan ekspresi wajahnya yang galak dan suaranya yang meraung.

 Seorang pria di China menjadi populer di negara asalnya karena memainkan peran sebagai ‘paman jahat'.

Baca juga: Ini Daftar Prioritas Orang yang akan Diberi Vaksin Covid-19

Mereka bahkan tidak segan memberikan uang kepada Luo untuk membuat anak-anak mereka berperilaku lebih baik. Tampaknya dia menyelesaikan sebagian besar waktu, terutama ketika berurusan dengan anak-anak yang sangat kecil di bawah usia 5 tahun.

“Terima kasih kakak, efektif sekali, anak sudah tidur!” tulis satu pengguna yang puas di halaman Luo Qingjun.

"Putra saya yang berusia tiga tahun ketakutan pada pandangan pertama, dan dia langsung patuh," tulis orang lain.

Layanan paman yang buruk telah menjadi berita utama nasional di China, sebagian besar dari mereka yang telah mempekerjakan Luo Qingjun memuji keefektifannya. Meski demkian ada beberapa orang yang tidak menyetujui metodenya dan memperingatkan bahwa hal itu dapat menyebabkan trauma psikologis.

“Pendidikan 'menakut-nakuti' semacam ini memiliki efek pendidikan yang terbatas pada anak-anak, dan dapat memiliki efek negatif. Intimidasi mental lebih berbahaya daripada hukuman fisik dan tidak kondusif bagi perkembangan sehat anak-anak!,” kata Zheng Xiaobian, profesor psikologi di Central China Normal University.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini