5 Cara Cerdas Redam Amarah Anak Remaja Anda, Dicoba Ya Mom!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 612 2307158 5-cara-cerdas-redam-amarah-anak-remaja-anda-dicoba-ya-mom-xN5v5lkkQs.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Perilaku remaja tidak dapat diprediksi. Perubahan suasana hati mereka bergoyang ke segala arah, dari kebahagiaan dan kesepian hingga iritasi dan kemarahan, remaja mengalami sejumlah emosi.

Selama waktu ini, mereka mungkin mengembangkan tingkat temperamen rendah yang dapat dengan mudah dipicu oleh masalah kecil sekalipun. Dalam skenario seperti itu, orang tua yang harus menangani situasi dengan hati-hati.

Melansir Times of India, berikut adalah beberapa tip efektif yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi perilaku marah remaja Anda.

Jangan memarahi atau memukul

Memarahi atau memukuli remaja yang sudah marah dapat menambah bahan bakar ke dalam api. Dalam situasi seperti ini, Anda harus mengampuni dan membiarkan mereka melampiaskan amarahnya sekaligus.

Bicaralah dengan mereka secara terpisah atau tanyakan beberapa saat kemudian, mengenai apa yang membuatnya kesal. Dengan cara ini Anda akan dapat mengetahui beberapa poin utama yang sering memicu atau mengganggu anak remaja Anda.

Baca Juga : 5 Potret Anya Geraldine Mirror Selfie Menggoda, Netizen: Bini Idaman

Dengarkan mereka

Ibu dan Remaja

Jika anak remaja Anda menjaga dirinya sendiri dan jarang terbuka kepada Anda, inilah saatnya untuk berbicara dengannya. Dengarkan apa yang dia katakan dan pahami apa yang memicu kemarahannya.

Yakinkan dia bahwa dia bisa memercayai Anda kapan pun dia mau, yang mungkin membantunya terbuka kepada Anda. Gunakan trik dan cara yang berbeda untuk menahan amarah, baik itu bermeditasi bersama atau menghentikan anak remaja Anda, saat dia mengangkat suaranya kepada Anda.

Ketahui kapan harus pergi

Sebagai orangtua, Anda perlu tahu kapan harus meninggalkan pertengkaran yang memanas. Ini tidak hanya akan menenangkan anak Anda tetapi juga memberi Anda ruang untuk menenangkan diri. Nanti Anda dapat mengemukakan topik tersebut atau meminta alasan anak remaja Anda untuk membenarkan perilakunya.

Berhenti memenuhi setiap permintaan

Ibu dan Remaja

Seringkali remaja manja marah ketika tuntutannya tidak dipenuhi. Untuk mencegah situasi ini, Anda tidak boleh memberikan semua yang mereka inginkan.

Kebiasaan ini perlu ditanamkan sejak awal. Sebagai seorang anak, anak Anda perlu memahami bahwa dia tidak akan mendapatkan semua yang dia minta disajikan di piring perak.

Tetapkan batas kemarahan

Sedikit omelan diperlukan untuk menjinakkan anak itu, tetapi pastikan Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk memarahi. Tetapkan batas kemarahan dan jangan berlebihan.

Sering menegur dapat membuat mereka rentan terhadap omelan Anda dan mereka tidak akan menghargai apa pun yang Anda katakan. Dengan memadukan semua hal pada waktu yang tepat, Anda dapat dengan mudah menangani masalah amarah anak Anda dan juga menyelesaikannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini