Bayi Zaskia Gotik Lahir Prematur, Apa Penyebabnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 481 2307714 bayi-zaskia-gotik-lahir-prematur-apa-penyebabnya-th1ilFKEO6.jpg Zaskia Gotik (Foto: Inst Zaskia_Gotix)

Pedangdut Zaskia Gotik dan Sirajuddin belum lama ini menyambut kelahiran bayi perempuannya. Ya, putri cantik itu berhasil dihadirkan ke dunia pada 7 November 2020.

Menurut keterangan Sirajuddin di Instagram, bayi perempuannya itu lahir prematur dengan masa kandungan 8 bulan. Ya, jika mengacu pada prediksi dokter kandungan, bayi bernama Aqila Ramadhani Arsila Bungalia Sirkiani itu lahir pada Desember 2020.

Namun, sampai berita ini dimuat di Okezone, baik Zaskia maupun Sirajuddin belum memberikan keterangan resmi soal alasan bayinya lahir prematur. Meski begitu, kesehatan si bayi dinilai sangat baik, termasuk ibunya.

 bayi

Di sisi lain, bayi dinyatakan prematur menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) ada 3 kelompok yakni, ekstrem prematur (kurang dari 28 minggu), sangat prematur (28 hingga 32 minggu), dan sedang sampai akhir prematur (32 sampai 37 minggu).

Menurut data WHO, diperkirakan 15 juta bayi lahir terlalu dini atau prematur setiap tahunnya. Itu berarti 1 dari 10 bayi. Kemudian, data WHO pun mencatat bahwa sekitar 1 juta anak meninggal setiap tahun akibat komplikasi kelahiran prematur. 

Lantas, apa penyebab bayi lahir prematur?

WHO menerangkan bahwa kelahiran prematur terjadi karena berbagai alasan. Namun, sebagian besar kelahiran prematur itu terjadi secara spontan, tetapi beberapa kasus terjadi karena induksi awal persalinan atau kelahiran caesar, baik karena alasan medis maupun non-medis.

Penyebab utama kelahiran prematur termasuk kehamilan ganda, infeksi, dan kondisi kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Namun, sering kali tidak ada penyebab yang teridentifikasi. Ada kemungkinan juga pengaruh genetik.

"Pemahaman yang lebih baik tentang penyebab dan mekanisme akan memajukan pengembangan solusi untuk mencegah kelahiran prematur," terang WHO.

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Hujan Bisa Memurnikan Air Bumi

Sementara itu, menurut laman Health Line, faktor lain penyebab bayi lahir prematur antara lain infeksi tertentu seperti infeksi selaput kemih dan selaput ketuban. Lalu, penyebab lainnya bisa karena persalinan prematur sebelumnya, rahim yang abnormal, atau bisa juga karena pembukaan serviks yang melemah lebih awal.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini