Mandi Air Panas Berbahaya untuk Tubuh, Benarkah?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 11 November 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 481 2307906 mandi-air-panas-berbahaya-untuk-tubuh-benarkah-jr1VpYrZQs.jpg (Foto: Wisegeek)

Sebagian orang senang mandi dengan air panas atau air hangat melalui shower di kamar mandi. Benarkah mandi dengan menggunakan air panas berbahaya untuk tubuh?

Dikutip Foxnews, mandi air panas dari shower justru tidak baik untuk tubuh. Umumnya mandi dengan shower air panas dilakukan pada malam hari.

Air panas dari shower banyak mengandung uap yang menyebabkan penurunan suhu tubuh secara tiba-tiba di kondisi cuaca dingin. Memang, efek samping dari mandi dengan shower air panas tak dirasakan seketika.

Biasanya efek itu akan dirasakan pagi hari, seperti menghambat aliran darah karena air panas atau mempertaruhkan luka bakar ringan.

Menurut ilmu, air dingin telah dikaitkan dengan peningkatan toleransi terhadap stres, sistem kekebalan yang kuat, peningkatan pembakaran lemak dan antidepresan efek.

Jika Anda terpaksa mandi dengan shower air panas, untuk menstabilkan suhu, manfaatkan fungsi shower yang dapat mengeluarkan air panas dan air dingin.

Selang setiap waktu 30 detik secara berurutan, putar keran air panas dan dingin, agar tidak terlalu menurunkan suhu tubuh yang terlalu ekstrem.

 Sebagian orang senang mandi dengan air panas atau air hangat melalui shower di kamar mandi.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Depresi yang Perlu Anda Ketahui

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini